Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mendukung langkah Rektor IAIN Takengon untuk penyematan nama-nama tokoh Gayo pada tujuh gedung kampus IAIN Takengon.

Shabela Abubakar mengatakan penyematan nama hendaknya mempertimbangkan nama-nama tokoh pendidikan yang telah berjasa pada dunia pendidikan di daerah itu.

"Hendaknya mempertimbangkan nama-nama tokoh Gayo di bidang pendidikan. Apalagi kehadiran IAIN ini merupakan modal pendorong peningkatan kualitas SDM di wilayah Gayo," kata Shabela Abubakar di Takengon, Kamis.

Sementara Rektor IAIN Takengon Dr Zulkarnain M.Ag dalam hal ini juga mengatakan bahwa rencana pemberian nama gedung dengan nama-nama tokoh tersebut tujuan salah satunya adalah untuk mengenang jasa-jasa pendahulu terhadap berdirinya IAIN Takengon. 

"Penamaan gedung ini diharapkan memberikan inspirasi bagi civitas akademika IAIN Takengon, sekaligus dapat meneladani semangat perjuangan yang telah di contohkan para pendahulu," kata Zulkarnain.

Diantara nama para tokoh pendiri IAIN Takengon kata Zulkarnain adalah Mahmud Ibrahim, Arifin Bantacut, dan Muhammad Syarif.

"Mereka merupakan tokoh yang terlibat langsung dalam rencana pendirian STAI Gajah Putih yang merupakan cikal bakal IAIN Takengon saat ini," sebutnya.

"Saat ini sudah ada 7 gedung yang akan diberi nama dengan menggunakan nama tokoh-tokoh Gayo. Sehingga kelak diharapkan gedung-gedung di IAIN terbuka baik untuk kalangan civitas akademika IAIN maupun masyarakat, tidak lagi terbatas oleh unit, fakultas, atau satuan lainnya," tutur Zulkarnain.


 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020