Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon Kabupaten Aceh Tengah mewisuda 263 sarjana dan 29 magister di Auditorium Kampus setempat, Sabtu.

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam sambutannya berharap agar para wisudawan mampu berperan di tengah masyarakat dan mampu berdikari dalam menciptakan pekerjaan sendiri.

"Saudara-saudara harus berdikari, mandiri, dan memposisikan diri menghadirkan pekerjaan bagi diri sendiri dan orang lain. Jangan menggantungkan harapan pada lapangan pekerjaan yang sangat terbatas," kata Shabela Abubakar.

Menurutnya sebagai SDM andal, para sarjana dan magister juga harus mampu menghadapi tantangan global saat ini yang semakin dinamis.

Selain itu Shabela juga berharap agar para wisudawan dapat juga melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi dengan memanfaatkan beasiswa.

"Manfaatkan beasiswa yang disediakan lembaga peningkatan sumber daya manusia baik di dalam maupun luar negeri," ujar Shabela.

Sementara Rektor IAIN Takengon Zulkarnain mengatakan untuk tahun ini pihaknya mewisuda 263 sarjana dengan rincian sebanyak 43 orang dari Jurusan Pendidikan Agama Islam, 6 orang Jurusan Bahasa Arab, 28 Bahasa Inggris, 28 Jurusan Tadris Matematika, 51 orang Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dan 24 orang dari Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

"Selanjutnya 9 orang Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, 22 orang Jurusan Ekonomi Syariyah, 28 orang Jurusan Perbankan Syariyah, 9 orang Jurusan Hukum Tata Negara, 12 orang Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, 3 orang Jurusan Ilmu Al-Qur'an Tafsir, dan 29 orang Magister Pendidikan Agama Islam," sebut Zulkarnain.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020