Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kota Lhokseumawe mencatat penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap I, II dan III telah rampung 100 persen.

"Alhamdulillah pencairan BLT DD tahap I, II dan III bagi keluarga kurang mampu yang terdampak COVID-19 di 68 desa dalam empat kecamatan di Kota Lhokseumawe sudah selesai semuanya,"kata Kepala DPMG Kota Lhokseumawe Bukhari SSos MSi, Rabu (7/10).

Ia menambahkan, meskipun terdapat beberapa kendala dalam penyaluran bantuan tersebut, namun pihaknya mampu melaksanakan penyaluran sebagaimana mestinya.

"Memang ada beberapa kendala, seperti saat proses pengumpulan data penerima. Ini kan bantuan pemerintah jadi semua ingin mendapatkannya. Alhamdulillah aparatur desa mampu menyeleksi penerima bantuan secara selektif,"katanya.

Ia menyebutkan, kemungkinan nantinya akan ada bantuan BLT DD tahap IV, V dan VI jika pemerintah desa masih memiliki dana yang tersedia. Namun jika dana sudah ada lagi maka penyaluran BLT DD hanya dilakukan tiga tahap.

"Kalau dana di pemerintah desa masih tersedia maka akan disalurkan BLT tahap selanjutnya,"katanya.

Dalam mengahadapi kendala saat penyaluran BLT DD, pihaknya sudah mendirikan posko relawan COVID-19 di setiap desa guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saat penyaluran BLT DD, setiap desa dibantu oleh Babinkamtibmas dan Babinsa guna kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar,"kata Bukhari.

Ia berharap kepada masyarakat penerima BLT DD agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk kebutuhan sehari-hari dalam mengatasi segala persoalan ditengah pandemi COVID-19.

"Ditengah pandemi COVID-19 ini terdapat banyak sekali masyarakat yang terdampak, khususnya masyarakat ekonomi lemah. Semoga dengan bantuan tersebut dapat memulihkan kondisi ekonomi mereka,"katanya.

Sementara itu, salah seorang penerima BLT DD Mulyanti warga Kecamatan Muara Dua mengatakan sangat terbantu dengan adanya bantuan yang akan digunakannya untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

"Saya ucapkan terimakasih kepada pemerintah yang sudah memberikan BLT DD. Uang ini sangat membantu saya dan keluarga, di tengah pandemi COVID-19 ini sangat susah mencari uang untuk kebutuhan sehari-hari,"katanya.

Meskipun bersyukur, wanita paruh baya itu juga meminta agar pemerintah mengevaluasi data penerima bantuan. Sebab beberapa tetangganya yang dianggap layak menerima BLT DD, masih belum seberuntung dirinya.

"Di desa tempat saya tinggal masih ada warga seperti saya yang belum mendapatkan bantuan tersebut, mudah-mudahan saja pemerintah bisa memberikannya juga,"kata Mulyanti.

Adapun dana BLT DD yang disalurkan yaknisenilai Rp 13.987.200.000, dengan rincian tahap I Rp 5.536.200.000, tahap II Rp 5.281.200.000 dan tahap III Rp 3.169.800.000.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020