Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Timur melalui Bidang Anggaran terus berinovasi dalam membuat pelayanan, salah satu terobosan baru adalah Aplikasi Layanan Informasi dan Konsultasi Anggaran (LINKARAN).

Terobosan dengan membangun Sistem Aplikasi tersebut diharapkan menjadio solusi dalam mempermudah OPD dan pihak kecamatan dalam mendapatkan berbagai informasi anggaran selama pandemi wabah COVID-19. 

“Aplikasi LINKARAN kita harap mempercepat pelayanan OPD dan pihak kecamatan, sehingga peserta dalam sosialisasi yang kita laksanakan sehari sebelumnya adalah para Kasubbag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan (PEP) di seluruh OPD,” kata Kepala Bidang Anggaran BPKD Aceh Timur, Firman Dandy, Jumat (9/10).

Melalui penerapan plikasi LINKARAN, Firman Dandy berharap dapat menjawab tantangan perkembangan jaman era digitalisasi yang mengharuskan pelayanan dan pengelolaan urusan pemerintahan khususnya dalam hal penganggaran keuangan daerah menjadi lebih efektif, efisien, berkualitas dan tepat waktu.

“Peruntukan aplikasi ini hanya untuk internal Pemerintahan Aceh Timur, yaitu sebagai media penyampaian informasi dan juga media konsultasi antara Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dengan seluruh OPD yang dalam hal ini unsur yang membidangi perencanaan dan penganggaran OPD masing-masing,” kata Firman Dandy.

Dia mengaku, Aplikasi LINKARAN tersebut telah di lauching, 24 September lalu oleh Sekretaris Daerah Aceh Timur, M Ikhsan Ahyat. Dalam kesempatan itu hadir juga Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, T Reza Rizki, Kepala BPKD Irfan Kamal dan para pejabat lainnya dari sejumlah OPD terkait.

Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Pemrakarsa Program yaitu Kabid Anggaran Firman Dandy bersama Plt Kasubbid Perencanaan Anggaran T Rizam beserta jajajaran staf Bidang Anggaran. Kegiatan yang berlangsung di Aula Sekretariat Anggaran Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, dibagi dalam dua sesi dan tetap mematuhi protocol kesehatan. 

 

Pewarta: Hayaturahmah

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020