Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi mendorong para Takmir Masjid di daerah itu agar punya terobosan dan strategi untuk memakmurkan masjid.

Sarkawi mengatakan untuk dapat memakmurkan masjid tentunya harus dilakukan berbagai kegiatan positif, khususnya dalam bidang keagamaan.

"Memang tidak mudah untuk dilakukan, tapi bukan tidak bisa. Makanya melalui pelatihan ini para Takmir harus didorong untuk membuat trobosan dan strategi yang bernuansa Islami, serta kegiatan lainnya yang bersifat mengajak jemaah kejalan yang benar," kata Sarkawi dalam acara penutupan Pelatihan Takmir Masjid se Kabupaten Bener Meriah, di Redelong, Minggu.

Sarkawi menuturkan bahwa Takmir Masjid merupakan bagian dari tugas penegakkan Syariat Islam dalam hal pemberdayaan umat dan masyarakat sekitar masjid.

Menurutnya khususnya di wilayah Kabupaten Bener Meriah penegakkan Syariat Islam harus dilakukan dengan pendekatan edukatif dan persuasif agar masyarakat dapat memahami secara bertahap.

"Pelatihan ini sebenarnya bagian dari tugas itu. Takmir adalah sebagai pelayan jemaah masjid, makanya seorang Takmir harus memberikan perhatian yang lebih, khususnya dalam hal melayani segala kebutuhan yang berkaitan langsung dengan upaya pemakmuran masjid," ujarnya.

"Dan ingat, masjid tidak boleh membebani jemaahnya, namun masjid itu adalah untuk mensejahterakan jemaah dan masyarakat. Dan memberdayakanya terutama dalam hal keagamaan," pesan Bupati ini yang juga dikenal sebagai sosok ulama di Bener Meriah.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020