Seluruh personel kepolisian Kabupaten Aceh Timur dan instansi terkait siap siaga dalam pencegahan dan penanggulangan bencana alam yang biasanya terjadi akhir tahun hingga awal tahun. 

“Kami perintahkan personel melakukan patroli hingga ke seluruh pelosok desa, sehingga masyarakat benar-benar merasakan kehadiran polri,” kata Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro dalam amanat apel kesiapsiagaan pencegahan dan penanggulangan bencana alam Tahun 2020 di Mapolres Aceh Timur, Selasa.

Kapolres mengimbau, seluruh pihak mengoptimalkan upaya mitigasi bencana, sehingga seluruh instansi lebih meningkatkan kerjasama dan koordinasi, sehingga setiap tugas akan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan mendapatkan hasil yang maksimal.

“Kita mengetahui bahwa bulan Oktober hingga Desember mendatang memasuki musim penghujan yang bisa berdampak bencana alam yaitu rawan banjir maupun tanah longsor. Dalam hal ini perlunya peran kita bersama baik TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam,” kata Eko.
 
Didepan ratusan peserta apel dari berbagai instansi terkait, Eko meminta seluruh personel juga diharap benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). 

“Berikan perlindungan terhadap korban bencana banjir di lokasi penampungan/pengungsian dan utamakan keselamatan jiwa,” harap kapolres.

Personel kepolisian juga ditekan untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas di jalur jalan Medan-Banda Aceh yang terkena dampak banjir guna memudahkan para pengendara yang melintas dan melakukan pengalihan arus lalu lintas ke jalan alternatif yang bebas banjir.

“Kami juga ingatkan bahwa Posko Bencana di lokasi terjadinya bencana banjir nanti juga perlu diberikan pelayanan dan penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat atau korban banjir,” kata kapolres.

 

Pewarta: Hayaturahmah

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020