Bea Cukai Aceh bersama dengan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Aceh melaksanakan apel bersama patroli gabungan di dermaga Pelabuhan Kuala Langsa, Senin (2/11).

Apel gabungan tersebut turut diikuti tim patroli laut Kanwil BeaCukai Aceh, Bea Cukai Kuala Langsa, Pangkalan Sarana Operasi Tanjung BalaiKarimun, dan Direktorat Polisi Perairan dan Udara Polda Aceh.

Apel yang dipimpin Dirpolairud Polda Aceh Kombes Pol Soelistijono  menyampaikan bahwa Bea Cukai dan Polairud memiliki tugas dan fungsi yang berbeda, namun mempunyai tujuan yang sama.

“Artinya, bagaimana menyelamatkan yang menjadi haknya pemerintah, bagaimana menjaga keamaanan laut, maka dari itu sinergi antara Bea Cukai dan Polairud harus tetap dijaga,” katanya.

Sementara Kepala Kantor Bea Cukai Kuala Langsa, Tri Hartana meneruskan amanat dari Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh menyatakan, inibukan merupakan apel penutupan patroli bersama namun justru adalah bagian dari kegiatan sinergi-kerjasama yang terus-menerus akan kita laksanakan. 

“Baju maupun seragam kita boleh berbeda, komando kita memang tidak dalam garis lurus, namun effort dan tujuan kita adalah sama,menjaga perairan NKRI kita dari upaya kejahatan, baik yang merupakan tupoksi Bea Cukai maupun yang merupakan kewenangan dari Polri”, ujarnya.
 
Bea Cukai Aceh bersama dengan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Aceh patroli gabungan di dermaga Pelabuhan Kuala Langsa, Senin (2/11/2020). (ANTARA/Humas Bea CukaiKuala Langsa)  (ANTARA/HumasBea Cukai Kuala Langsa)

Diharapkan dari kegiatan apel ini dapat mempererat hubungan antara Bea Cukai Aceh dan Direktorat Polisi Perairandan Udara Polda Aceh dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing instansi dan memberikan sumbangsih yang berarti untuk Indonesia tercinta.

Selain itu, apel gabungan ini menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia yang terkenal dengan slogan Sinergi Membangun Negeri, pada tingkat pusat telah dilaksanakan rangkai pertemuan dalamtataran pimpinan tinggi Kepolisian RI dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukaiguna merealisasikan arahann tersebut.

Di mana, pada tanggal 24 Agustus2020, telah ditandatangani Perjanjian Kerjasama antara Direktur Jenderal Beadan Cukai dengan Kabaharkam Polri tentang Peningkatan Sinergitas TugasOperasional dan Sumber Daya dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi.

Ia mengatakan, dalam perjanjian tersebut telah disepakati untuk bersama menyatukan sumber daya, melakukan upayasecara bersama, serta saling bertukar informasi dalam melaksanakan tugas fungsi kepabeanan dan Kepolisian.

“Dengan menyatukan kekuatan dan informasi tersebut diharapkan dapat menutupi setiap kelemahan yang dimiliki dengan cara menggunakan kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh masingmasing pihak, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil kegiatan kedua belahpihak baik Direktorat Polisi Perairan dan Udara maupun Direktorat Jenderal Beadan Cukai,” katanya.

Setelah kegiatan apel selesai, dilanjutkan dengan peninjauan hasil tangkapan pelanggaran di bidang kepabeanandan cukai berupa kapal nelayan yang telah disandarkan didekat dermaga Pelabuhan Kuala Langsa. 

 

Pewarta: Hayaturahmah

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020