Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dari Partai Aceh (PA) Tarmizi Panyang menyerahkan dua unit mobil ambulan masing-masing untuk Puskesmas dan Klinik di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara. 

"Alhamdulillah, bantuan dua unit mobil ambulan untuk Puskesmas dan Klinik telah kita serahkan, semoga bisa bermanfaat guna melayani masyarakat," kata Tarmizi Panyang dalam keterangannya yang diterima di Banda Aceh, Senin. 

Sebelum diserahkan kepada Puskesmas dan Klinik Rumah Sehat, bantuan mobil ambulan tersebut diserah terima lebih dulu kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara. 

Tarmizi mengatakan, bantuan mobil ambulan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun 2020 yang diusulkan melalui dana pokok pikirannya (Pokir) di DPRA.

Politisi Partai Aceh ini menjelaskan, bantuan mobil ambulan tersebut merupakan sisa usulan dana aspirasinya dalam APBA 2020 yang tidak direfocusing. Anggaran tersebut selamat lantaran menyangkut langsung dengan kesehatan.

Seperti diketahui bersama, pada tahun 2020 ini banyak usulan masyarakat yang diusulkan melalui anggota DPRA hilang setelah adanya refocusing akibat pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah usulan bantuan mobil ambulan ini tidak direfocusing karena berhubungan langsung dengan kesehatan, dan kebetulan program kesehatan usulan masyarakat melalui saya cuma ada di Kecamatan Sawang," ujarnya. 

Selain bantuan dua unit ambulan, Tarmizi juga membantu pembangunan aula, paving block halaman dan pemasangan pipa air bersih PDAM di Puskemas Sawang. Lalu, mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini juga membantu pemasangan paving block untuk Puskesmas Babah Buloh kecamatan setempat. 

"Untuk aula telah kita bantu melalui APBA tahun 2018. Sementara paving block dan pemasangan air bersih kita bantu melalui APBA tahun 2020, semua bantuan tersebut kita serahterimakan hari ini," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Tarmizi meminta maaf kepada konstituennya di Aceh Utara dan Lhokseumawe karena banyak usulan mereka tidak terealisasi pada tahun ini setelah adanya refocusing. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin mengatakan, dua ambulan bantuan dari Tarmizi melalui APBA ini diperuntukkan untuk Puskesmas dan satunya untuk keliling di Klinik Rumah Sehat.

"Kita wajib mengucapkan terimakasih kepada Tarmizi karena tiap tahun ada anggaran atau pembangunan yang dibawa pulang ke Sawang dan Aceh Utara secara umum, ini sangat membantu Pemkab Aceh Utara," kata Amir. 

Amir berpesan agar bantuan mobil ambulance ini dapat dipergunakan dengan baik untuk melayani masyarakat Sawang dan Aceh Utara. 

"Tolong dipergunakan dengan baik, sesuai aturan yang berlaku. Jangan sampai masih terdengar ada pasien di Sawang terlantar karena alasan tidak ada ambulance," demikian ujar Amir.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020