Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajak keluarga besar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk bersinergi bersama pemerintah dalam menjalankan program pembangunan di Tanah Rencong. 

"PKB juga kita harapkan tetap menjadi salah satu pelopor dalam menjalankan program-program pembangunan di Aceh," kata Nova Iriansyah saat menghadiri Musyawarah wilayah (Muswil) DPW PKB Aceh di Banda Aceh, Sabtu.

Nova mengatakan, keterlibatan partai politik khususnya PKB diyakini dapat membantu percepatan pembangunan Aceh, sehingga dapat berjalan lebih efektif dan berdaya guna. 

"Kita tentu menyadari bahwa tahapan pembangunan Aceh masih cukup panjang. Selaku kepala pemerintahan Aceh, saya berharap PKB terus menunjukkan komitmen penguatan demokrasi dan pembangunan di daerah ini," ujarnya. 

Nova menyampaikan, penguatan tersebut tidak hanya sebatas pembangunan fisik dan ekonomi, tetapi juga bagaimana membangun mental, moral dan spiritual, terutama dalam rangka penegakan syariat Islam di bumi yang dikenal daerah Serambi Mekkah ini. 

Kata Nova, untuk menciptakan pembangunan yang lebih baik, Pemerintah Aceh tidak mungkin bisa bekerja sendirian. Partisipasi seluruh elemen sangatlah dibutuhkan, partai politik termasuk di dalamnya yang memiliki kekuatan berbasis dukungan rakyat.

"PKB adalah salah satu tumpuan, sebab partai ini memiliki pendukung cukup besar dari masyarakat Aceh. Makanya, sangat penting bagi Pemerintah Aceh menggandeng PKB sebagai mitra dalam pembangunan di Aceh," kata politikus Demokrat itu. 

Nova menyebutkan, dalam sisa kepemimpinannya terdapat beberapa target yang telah dicanangkan, diantaranya pertumbuhan ekonomi sekitar lima persen dan penurunan kemiskinan hingga 13,4 persen. 

Demikian juga tingkat pengangguran, Pemerintah Aceh menargetkan adanya penurunan angka pengangguran pada kisaran hingga enam persen. 

Untuk mencapai sasaran tersebut, pemerintah Aceh akan fokus menjalankan 15 program prioritas, antara lain bidang pertanian, pariwisata, investasi, UKM, dinul Islam, Pendidikan, dan Kesehatan.

Dalam rangka penguatan itu, Nova mengharapkan dukungan partai politik termasuk PKB, maka dengan bantuan semua pihak, diharapkan program-program yang dijalankan pemerintah Aceh lebih terarah, efektif, efisien dan berdaya guna bagi masyarakat.

"Kami sangat yakin, PKB memiliki keinginan yang besar pula untuk mendukung berjalannya program prioritas tersebut, mengingat partai ini menjadi bagian dari partai yang berkuasa saat ini," demikian ujar Nova. 

Sementara itu, Ketua DPW PKB Aceh Irmawan menyatakan bahwa partainya akan selalu bekerjasama dan memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Aceh.

Ditegaskan Irmawan, PKB selalu berkomitmen dan terus berpartisipasi membangun Aceh, dan selalu menjalin komunikasi yang baik, terlepas siapapun pimpinan PKB Aceh ke depannya. 

"Siapapun yang terpilih sebagai pengurus baru, saya berharap bisa senantiasa membangun komunikasi dengan Pemerintah Aceh," kata anggota DPR RI asal Aceh ini. 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021