Kantor pos mulai menyalurkan bantuan sosial tunai sebesar Rp300 ribu kepada 172 ribu lebih keluarga penerima terdampak pandemi COVID-19 di seluruh Provinsi Aceh.

Kepala Kantor Pos Banda Aceh Fendi Anjasmara di Banda Aceh, Senin, mengatakan bantuan sosial tunai yang disalurkan merupakan tahap 10 atau pertama pada 2021.

"Bantuan ini sudah disalurkan sejak 2020. Bantuan diberikan Rp300 ribu per keluarga penerima yang terdampak pandemi COVID-19," kata Fendi Anjasmara.

Fendi Anjasmara mengatakan bantuan sosial tunai disalurkan serentak di tujuh kantor pos di Aceh. Penyaluran untuk luar wilayah kerja Kantor Pos Banda Aceh mulai dilakukan pada 12 Januari 2021.

Untuk wilayah kerja Kantor Pos Banda Aceh, kata Fendi Anjasmara, bantuan sosial tunai tersebut disalurkan kepada 17.651 keluarga penerima tersebut di Kabupaten Aceh Besar, Kota Banda Aceh, dan Kota Sabang.

Kemudian, Kantor Pos Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara melayani 13.234 penerima, Kantor Pos Langsa Kota Langsa dengan penerima 21.277 keluarga, Kantor Pos Lhokseumawe Kota Lhokseumawe mencapai 59.497 penerima.

Berikutnya, Kantor Pos Meulaboh Kabupaten Aceh Barat menyalurkan bantuan sosial tunai kepada 11.241 penerima. Kantor Pos Sigli Kabupaten Pidie dengan 23.029 penerima serta Kantor Pos Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan dengan 26.347 penerima.

"Untuk wilayah kerja Kantor Pos Banda Aceh mulai disalurkan pada Jumat (8/1). Pada saat itu, penyaluran dilakukan dengan mendatangi keluarga penerima bagi mereka lanjut usia, disabilitas, dan mereka yang sakit," kata Fendi Anjasmara.

Sedangkan penyaluran kepada mereka yang sehat bisa mendatangi langsung Kantor Pos Banda Aceh pada waktu yang telah ditentukan. Penyaluran bantuan sosial tunai tersebut ditargetkan tuntas 14 Januari mendatang.

"Kami atur jadwal penyaluran per desa dengan waktu ditentukan guna menghindari kerumunan. Tujuannya mencegah agar penyaluran bantuan sosial tunai ini tidak menjadi klaster penularan COVID-19," kata Fendi Anjasmara.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021