Kapal motor penumpang (KMP) Aceh Hebat 2 dengan rute Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, menuju Pelabuhan Balohan, Sabang, sebaliknya, memulai pelayaran perdana setelah diresmikan Gubernur Aceh Nova Iriansyah. 

"Kapal Aceh Hebat 2 ini mulai melakukan pelayaran perdana, Banda Aceh-Sabang sebaliknya" kata Nova Iriansyah saat peluncuran pelayaran perdana di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Sabtu. 

Berdasarkan data pihak pelabuhan, pelayaran perdana KMP Aceh Hebat 2 membawa 280 penumpang, 80 kendaraan roda dua, 22 mobil pribadi, dan tiga truk besar.

Kapal Aceh Hebat merupakan program Pemerintah Aceh membeli tiga kapal penumpang jenis roll on roll (ro-ro) dengan anggaran Rp178 miliar. Kapal yang diberi nama Aceh Hebat tersebut sebagai transportasi antarpulau di Aceh. 

Kapal Aceh Hebat 1 beroperasi dari Kabupaten Aceh Barat menuju Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue. Aceh Hebat 2 berlayar dari Banda Aceh ke Kota Sabang, dan Aceh Hebat 3 melayari Singkil menuju Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil.

"Semoga dalam waktu dekat kapal Aceh Hebat 1 dan Aceh Hebat 2 juga sudah bisa melakukan pelayaran perdana," ujar Nova. 

Nova mengatakan kehadiran Aceh Hebat 2 untuk menambah kapal yang ada di Pelabuhan Ulee Lheue. Sedangkan kapal lama usianya di rute tersebut relatif sudah tua.

"Kita berharap pelayaran lancar dan bisa benar-benar dirasakan manfaatnya, terutama untuk konektivitas ekonomi serta wisatawan ke Pulau Weh, Kota Sabang," katanya. 

Nova mengingatkan kapal tersebut milik rakyat Aceh. Maka menjadi kewajiban masyarakat Aceh yang harus menjaganya. Mulai dari kebersihan hingga kenyamanan berlayar. 

Bitari, penumpang pelayaran perdana KMP Aceh Hebat 2, mengaku senang dengan adanya penambahan kapal melayari rute Banda Aceh-Sabang. Apalagi KMP Aceh Hebat 2 itu dirasakan lebih besar dan nyaman. 

"Selaku wisatawan, saya merasa lebih nyaman karena kapalnya lebih besar. Apalagi harga tiketnya, masih terjangkau," kata Bitari. 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021