Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh bersama Badan Kesbangpol Aceh Timur menggelar sosialisasi pembauran kebangsaan guna meningkat pemahaman masyarakat guna mencegah konflik.

Kepala Drs Mahdi Efendi melalui Kepala Bidang Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Aceh Munarwansyah di Idi, Rabu, mengatakan sosialisasi pembaruan kebangsaan ini terus menerus dilakukan mengingat tingkat kemajemukan masyarakat Aceh sangat tinggi.

“Gesekan dan konflik rawan terjadi jika kemajemukan tersebut tidak berbaur sempurna. Untuk itu, mari kita merapatkan barisan, menyambung ukhuwah agar tidak timbul kesenjangan antar etnis, suku, ras, budaya dan adat istiadat di Aceh. Dengan begitu, pasti tercipta kedamaian yang indah dan persatuan serta kesatuan bangsa juga akan semakin kokoh,” kata Munawarsyah.

Staf Ahli Bupati Aceh Timur Darmawan Ali mengapresiasi Badan Kesbangpol Aceh karena sosialisasi pembauran kebangsaan di Kabupaten Aceh Timur. Sosialisasi ini untuk meningkatkan kemajemukan masyarakat di kabupaten itu

"Selain silaturrahmi, Insya Allah di sini kita juga bisa bertukar informasi sekaligus menambah wawasan tentang pembauran kebangsaan,” kata Darmawan Ali.

Darmawan menjelaskan, untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur telah membentuk forum pembauran kebangsaan (FPK).

"Tugas utama forum ini memberikan pencerahan dan pendidikan tentang pentingnya pembauran kebangsaan bagi masyarakat serta menyampaikan sejumlah rekomendasi kepada kepala daerah dalam rangka pemeliharaan pembaruan kebangsaan," pungkas Darmawan.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021