Bupati Aceh Barat Ramli MS mengharapkan kehadiran Dewan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah ini, agar mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil ditengah pandemi saat ini.

“Kehadiran Dewan UMKM Aceh Barat diharapkan dapat menjadi sebuah organisasi yang mampu membangkitkan perekonomian masyarakat kecil, sehingga pertumbuhan usaha masyarakat tumbuh berkembang,” kata Ramli MS di Meulaboh, Sabtu.

Penegasan ini ia sampaikan saat menghadiri Pengukuhan Dewan UMKM Kabupaten Aceh Barat Periode 2021-2025 di Aula Kantor Bappeda Aceh Barat.

Ramli MS juga menegaskan hadirnya Dewan UMKM  di Aceh Barat juga harus mampu mendatangkan investor dari dalam negeri maupun luar negeri ke Aceh Barat, dengan melakukan berbagai upaya sehingga mampu meningkatkan kepercayaan investor guna menanamkan modalnya ke daerah.

Apabila upaya tersebut berhasil, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat akan memberikan dukungan penuh kepada organisasi tersebut sehingga pertumbuhan UMKM akan berhasil.

“Jadi, hadirnya Dewan UMKM Aceh Barat ini harus mampu meningkatkan ekspor aneka hasil pertanian, perkebunan dan usaha masyarakat dalam berbagai bidang untuk bisa diperdagangkan dalam negeri maupu luar negeri,” katanya.

Selain itu, kehadiran lembaga tersebut juga diharapkan mampu meyakinkan investor dari dalam negeri maupun luar negeri, sehingga setiap potensi daerah bisa dimanfaatkan untuk peningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kalau misalnya nanti ada investor asing yang berminat berinvestasi di Aceh Barat, maka Dewan UMKM harus mampu mengikat kerjasama dengan pemerintah pusat, daerah maupun negara investor,” katanya.

Selain itu, Bupati Aceh Barat Ramli MS juga mengharapkan kehadiran Dewan UMKM Aceh Barat juga betul-betul menjadi sebuah wadah untuk memberdayakan ekonomi masyarakat kecil, serta tidak digunakan sebagai organisasi untuk kepentingan politik praktis.

“Runtuhnya sebuah organisasi apabila digunakan untuk kepentingan politik praktis, jadi saya berharap organisasi ini harus betul-betul sesuai dengan cita-cita dari awal
untuk kemajuan UMKM,” katanya.

Sementara itu, ada pun komposisi Dewan UMKM Aceh Barat Periode 2021-2025 yakni Ketua dijabat oleh Mahyuddin, Sekretaris oleh Khairan Arif Saputra, dan Bendahara Joko Hadi Sucipto.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021