Bupati Kabupaten Aceh Tengah Shabela Abubakar optimis persoalan sampah di daerah setempat akan teratasi apabila lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) Kampung Kuyun, Kecamatan Celala, Aceh Tengah, sudah mulai beroperasi.

Saat ini, menurut bupati, akses jalan menuju TPA tersebut juga sudah mulai dibangun guna memperlancar mobilitas pembuangan sampah di lokasi tersebut.

"Alhamdulillah pembukaan akses jalan ini telah memenuhi harapan kita. Ini semua tidak terlepas dari keseriusan Reje (kepala desa) Kuyun Lah dan dukungan kepala SKPK (Satuan Kerja Perangkat Kabupaten) yang mengumpulkan dana secara swadaya," kata Shabela di Takengon, Senin.

Ia menjelaskan dengan adanya akses jalan maka nantinya akan mendukun percepatan penggunaan TPA Kuyun, serta akan menjadi bahan kajian dalam mendukung rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan penetapan kawasan itu sebagai TPA.

"Karena untuk menjadikan suatu kawasan sebagai TPS atau TPA perlu penetapan status kawasan dan diketahui oleh pemerintah atasan," ujarnya.

Bupati merasa optimis TPA Kuyun akan menjadi solusi bagi persoalan sampah di daerah dataran tinggi Gayo itu yang selama ini terkendala dengan tempat pembuangan akhir.

Kata dia TPA Kuyun nantinya juga berorientasi kepada pemanfaatan sampah secara ekonomis dan dapat menjadi objek wisata edukasi pengolahan sampah di daerah setempat.

"Saya yakin sekali kehadiran TPA ini dapat menjadi solusi buat kita dan memberi manfaat bagi BUMDes Kuyun Lah untuk menghasilkan pendapatan dari pengolahan sampah," katanya, berharap.

"Apalagi di sini pemandangannya juga indah, tentu saja sangat mendukung eduwisata yang juga diprogramkan oleh Reje Kuyun Lah," katanya lagi.
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021