Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta pihak pengelola Tol Sigli-Banda Aceh (Tol Sibanceh) dapat memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah setempat.

“Saya minta pihak terkait di seputaran rest area Jalan Tol Sigli-Banda Aceh(Sibanceh), menggandeng pelaku UMKM terutama sektor kuliner dan cenderamata, untuk mengisi gerai di lokasi rest area jalan tol dengan produk lokal,” katanya di Aceh Besar, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau progress pelaksanaan peningkatan jalan tembus Jantho (Aceh Besar)-Lamno (Aceh Jaya).

Ia menjelaskan Camat Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar hendaknya segera berkoordinasi dengan pihak terkait dan para pengrajin penganan serta cenderamata untuk mengisi gerai di rest area tol dengan berbagai produk lokal.

Menurut dia Camat atau pihak terkait lainnya di daerah harus menangkap sinyal ini sebagai momentum memperkenalkan produk lokal dan mengkaryakan para tenaga lokal di rest area.

Karena itu ia meminta untuk segera berkoordinasi dan membina produk lokal sehingga di gerai tersebut dapat terisi gerai souvernir, kopi Aceh, penganan seperti roti selai samahani dan jajanan khas Aceh lainnya.

Ia mengatakan dengan kehadiran tersebut secara langsung akan memberdayakan UMKM setempat, sehingga denyut ekonomi rakyat akan semakin nyata.

Camat Kuta Cot Glie Imam Munandar mengaku siap dan akan segera berkoordinasi dengan pemangku kebijakan terkait dan para produsen penganan lokal. 

“Insya Allah kami siap dan akan segera berkoordinasi dengan para pemangku kebijakan dan para produsen penganan lokal agar ketika rest area selesai kami pun siap mengisi gerai di rest area dengan produk-produk lokal,” kata Imam Munandar.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021