Sebanyak 128 calon jamaah haji lanjut usia (lansia) 2021 asal Kabupaten Pidie, Aceh sukses menjalani vaksinasi COVID-19 dosis pertama, kini hanya menunggu proses untuk tahapan penyuntikan kedua. 

"128 lansia di Pidie sudah divaksin, jumlah itu dari total 147 calon jamaah haji lansia yang bersedia divaksin dan telah mengikuti skrining kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Pidie Turno Junaidi yang dihubungi dari Banda Aceh, Selasa.

Turno menyampaikan, sejauh ini tidak ada kendala dalam proses vaksinasi terhadap lansia di Pidie, khususnya para calon jamaah haji. Hanya beberapa orang belum bisa disuntik karena dinyatakan memiliki masalah kesehatan. 

"Untuk jamaah haji sepertinya sampai hari ini tidak ada kendala, hanya saja ada yang tidak lolos skrining kesehatan saja, karena ada DM (diabetes melitus) dan hipertensi," ujarnya. 

Sejauh ini, kata Turno, hanya satu orang lansia yang menolak divaksin, tetapi penolakannya bukan karena tidak ingin disuntik, melainkan masih ragu akan kepastian keberangkatan haji karena pandemi belum berakhir. 

"Sementara yang menolak hanya satu orang, yang bersangkutan masih ragu terkait akan kepastian keberangkatan haji mereka," kata Turno. 

Turno menyebutkan, sampai dengan hari ini dari total 147 lansia tersebut, hanya 16 lagi yang belum hadir ke fasilitas kesehatan tempat vaksinasi. Saat ini tenaga kesehatan masih menunggu kedatangan mereka. 

Dalam kesempatan ini, Turno mengimbau masyarakat untuk mengikuti vaksinasi, karena obat tersebut dapat memberikan kekebalan spesifik kepada penerimanya, sehingga jika terpapar kuman COVID-19 tidak akan menderita sakit atau sampai berat, dan masih dapat disembuhkan.

"Tidak ada yang perlu ditakuti karena sudah banyak yang  melakukan vaksinasi, dan alhamdulillah aman-aman saja. Jadikan vaksinasi COVID-19 sebagai bagian dari ikhtiar kita," demikian Turno. 

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021