Tim safari Ramadhan Pemerintah Aceh 1442 H/2021 Masehi menanam 714 batang pohon dan menyalurkan bantuan uang tunai serta material Rp571 juta di 54 masjid tersebar di 23 kabupaten kota se-Aceh. 

“Safari Ramadhan Pemerintah Aceh dilaksanakan serentak di 23 kabupaten kota pada 17 April 2021. Safari Ramadhan Pemerintah Aceh dilaksanakan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Biro Keistimewaan dan Kesra Setda Aceh Usamah El-Madny di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Aceh dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing SKPA yang ditunjuk dengan penerapan sejumlah inovasi.

“Format Safari Ramadhan Pemerintah Aceh tahun ini merupakan inovasi Sekda Aceh Taqwallah sesuai arahan Gubernur yang berharap agar kegiatan safari Ramadhan dilaksanakan lebih kreatif dan inovatif serta memberi manfaat lebih dan berkelanjutan,” katanya.

Menurut dia pada tahun-tahun sebelumnya Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh tiba di lokasi menjelang shalat tarawih, maka pada tahun ini Tim Safari datang lebih cepat beberapa hari sebelumnya, dalam rangka aplikasi Bersih, Rapi, Estetika dan Hijau (BEREH). Sebanyak 54 masjid se-Aceh menjadi titik lokasi safari Ramadhan tahun ini. 

Di lokasi Safari Ramadhan ini Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh dibantu mitra yang meliputi Camat, Kepala SMA/SMK, Kepala Puskesmas, BKM serta pihak terkait lainnya.

“Yang dilakukan memang sederhana, tapi Insya Allah efektif dan bermanfaat, yaitu menata kebersihan luar dan dalam masjid, mengajak dan menginspirasi pengurus masjid untuk merawat dan menjaga kebersihan tempat wudhuk dan toilet,” kata Kepala Biro Keistimewaan dan Kesra Setda Aceh.

Usamah juga berharap kunjungan tim safari Ramadhan ke masjid-masjid di Aceh tahun ini dapat memantik etos pengurus masjid untuk senantiasa terdorong menjaga kebersihan, kerapian serta suasa na lingkungan masjid yang hijau.

“Alhamdulillah dari segi jumlah dan kualitas bangunan, masjid di Aceh sudah luar biasa, namun di saat bersamaan yang perlu kita dorong adalah partisipasi kita semua mewujudkan kebersihan, kerapian dan keindahan masjid kita,” harap Usamah.

Usamah juga menjelaskan, salah satu yang berbeda pada Safari Ramadhan Pemerintah Aceh tahun ini, selain ikhtiar mewujudkan masjid rapi dan bersih, adalah aktivitas menanam pohon produktif dan bermanfaat di pekarangan masjid.

Pohon-pohon yang ditanam di perkarangan masjid itu terdiri dari pohon buah buahan, pohon mangga, jambu, rambutan, durian, duku, kurma, kelapa, kelengkeng, nangka, manggis, sirsak, belimbing, jeruk, sawo, alpukat, pete dan berbagai pohon bermanfaat lainnya.

“Insya Allah di samping produktif untuk pendapatan masjid beberapa waktu ke depan, pohon yang ditanam ini juga diharapkan menambah suasana hijau dan rimbun halaman masjid agar enak dan sejuk dipandang mata,” demikian Usamah.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021