Pengurus Cabang Himpunan Ulama Dayah Aceh (PC-HUDA) Darul Aman menyantuni belasan anak yatim itu sebagai bentuk kepedulian dan rasa syukur atas kesuksesan Safari Ramadhan 1442 Hijriah.
 
Ketua Tanfidziah PC HUDA Darul Aman Tgk Fadhli Al Dina atau Abiya di Aceh Timur, Selasa mengatakan anak yatim yang disantuni usia di bawah 15 tahun dan berada di sekitar lokasi kegiatan silaturahmi PC-HUDA itu. 

Kegiatan sosial itu dirangkai dengan Silaturrahmi PC-HUDA dan Pembubaran Tim Safari Ramadhan Tahun 2021 yang dipusatkan di Kompleks Yayasan Pendidikan Islam (YPI) BTM Idi Cut, Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur.
 
"Kegiatan ini juga sebagai rasa syukur atas suksesnya safari ramadhan dengan mengunjungi 20 masjid se-Kecamatan Darul Aman," kata Abiya menyebutkan. 
 
Segala biaya, lanjut Abiya, untuk kegiatan penyantunan dan buka bersama serta berbagai anggaran yang dikeluarkan bersumber dari para dermawan, donatur, dan unsur-unsur lain yang sifatnya tidak mengikat. 

“Kita mengapresiasi sambutan hangat dari guru-guru kita dan unsur pemerintahan, baik pemerintah di kecamatan maupun di desa, sehingga kegiatan ini berjalan sukses sesuai prokes,” katanya.
 
Dia menambahkan, kegiatan safari ramadhan yang dilaksanakan selama 12 hari merupakan momentum silaturahmi HUDA dengan masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat di desa. 

Selain itu, kedatangan para alim ulama yang tergabung dalam tim safari ramadhan juga menjadi ajang kajian hukum-hukum yang selama ini muncul perdebatan di tengah-tengah umat.
 
“Dalam kunjungan ke masjid-masjid juga terjadi komunikasi dan diskusi antara masyarakat dengan pengurus HUDA, sehingga segala sesuatu yang selama ini terjadi perselisihan dan perbedaan pendapat dalam persoalan umat, maka dapat dikaji ulang untuk meluruskannya,” kata Abiya.
 
Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama dan bahu membahu dalam mengokohkan pondasi keislaman yang berazaskan ahlus sunnah waljamaah bermazhab imam syafi’i. 
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021