Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar meningkatkan penyuluhan kepada petani dalam upaya meningkatkan produktivitas pada musim tanam gadu.

“Salah satu langkah untuk mencapai produktivitas pertanian adalah dengan memaksimalkan pendampingan kelompok tani yang tersebar di seluruh kecamatan,” kata Kadis Pertanian Jakfar di Aceh Besar, Kamis.

Ia menjelaskan ada beberapa program yang dilakukan untuk mencapai produktivitas 6 sampai 7 ton per hektare yakni pendampingan kelompok oleh penyuluh, Sekolah Lapang dan metode2 penyuluhan lainnya sehingga petani tahu, mau dan mampu meningkatkan hasil produksi khususnya padi.

“Kami meyakini dengan meningkatnya kemampuan petani akan berdampak terhadap hasil panen,” katanya.

Menurutnya pendampingan tersebut akan terus dilakukan secara berkelanjutan sehingga upaya meningkatkan produksi dan menyejahterakan petani dapat terwujud.

Sebelumnya Dinas PUPR Aceh Besar menyebutkan penanaman Musim Tanam Gadu direncanakan pada 10 Juni 2021 dengan luas lahan yang direkomendasi tanam MT Gadu mencapai 10 ribu hektare dengan cakupan ketersedian airnya meliputi 5500 ha oleh Bendungan Krueng Aceh, 3000 ha melalui Krueng Jreu, dan 1500 ha dari talud dan bendungan lainnya. 

Kabupaten Aceh  Besar memiliki luas lahan sawah yang tersebar di seluruh kecamatan mencapai 25692 hektare.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021