Ribuan warga dari berbagai desa di  Aceh Barat  Daya (Abdya) antusias mendatangi sejumlah lokasi yang dijadikan sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya memutus matarantai penyebaran COVID-19 di kabupaten itu.

Dari pantauan di sejumlah lokasi, patut disyukuri tingginya minat masyarakat  mengikuti program vaksinasi, kata Bupati Abdya Akmal Ibrahim di Blangpidie, Rabu.

Pemantauan vaksinasi di Abdya yang bertujuan untuk memutus matarantai penyebaran COVID-19 itu juga diikuti Forkopimda, Ketua DPRK serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Malah, lanjut bupati, ada masyarakat di Kecamatan Jeumpa, Abdya meminta pihak Dinas Kesehatan agar proses vaksinasi dapat dilanjutkan pada hari-hari berikutnya agar seluruh warga  bisa mengikuti program vaksinasi.


“Artinya masyarakat Abdya memang ingin mengikuti program vaksinasi ini. Jadi, ini satu apresisasi kita, masyarakat sudah cukup sadar, dan mudah-mudahan status Abdya yang kuning turun menjadi hijau kembali,” pintanya

  
Ketua DPRK Nurdianto, Dandim 0110, Abdya Letkol Inf Arif Subagio, Kapolres AKBP Muhammad Nasuiton, Kajari Nilawati turut serta memantau program vaksinasi yang saat ini menyasar masyarakat umum dari berbagai profesi.

 

Akmal berharap  masyarakat  Abdya agar terus memelihara semangat untuk hidup sehat dengan cara menjaga protokol kesehatan (prokes) dan memperkuat imun tubuh agar terbebas dari COVID-19.

 

“Itulah dua cara yang paling efektif. Karena virus itu belum ada obatnya. Ia hanya sangup dibunuh oleh antibodi kita. Sedangkan vaksin ini untuk membangkitkan anti bodi. Jadi, obat yang paling mujarab itu menjaga prokes dan memperkuat antibodi,” jelas Akmal Ibrahim.

 

Amatan dilapangan masyarakat Abdya ramai-ramai mengikuti program vaksinasi COVID-19 yang digelar oleh pemerintah tersebut pasca melonjaknya kasus COVID-19 di daerah yang berjulukan “Bumi Breuh Sigupai,” itu     

 

 Berdasarkan laporan komulatif sampai tanggal 09 Juni 2021 yang disampaikan pihak Dinas Kesehatan Abdya, bahwa total masyarakat daerah itu yang telah disuntik vaksinasi berjumlah 9.163 dosis dari total 12,003 dosis vaksin.

 

“Data hari ini belum ada karena petugas kesehatan tengah melaksanakan tugas kelanjutan vaksin di seluruh kecamatan. Sejak kemarin dan hari ini kita fokus pada masyarakat lanjut usia (lansia),” jelas Kadis Kesehatan Abdya, Safliati.   
 

Pewarta: Suprian

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021