Pemerintah Kota (Pemkot) Subulussalam, Aceh, membantu biaya rehabilitasi rumah untuk eks kombatan GAM wilayah Subulussalam, Ridwan Husen, yang kondisinya memprihatinkan.

"Sosok Ridwan Husen ini sering memberikan pemikiran terkait pembangunan Kota Subulussalam, tidak saya pungkiri, sering memberikan saran-saran terkait jalannya roda pemerintahan," kata Wali Kota Subulussalam Affan Alfian Bintang di Subulussalam, Minggu.

Selama ini, Ridwan Husen mendiami sebuah rumah berkonstruksi kayu di Dusun Ampera, Kampong Subulussalam, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam. Kondisi rumah lapuk dimakan usia.

Wali Kota Subulussalam, Affan Alfian Bintang mengatakan hatinya terenyuh melihat langsung kondisi rumah Ridwan Husen yang merupakan tokoh masyarakat di daerah berjuluk Sada Kata tersebut. 

Awalnya, Affan Alfian Bintang sempat ragu saat menerima informasi terkait kondisi rumah Ridwan Husen. Sebab, selama ini kiprah Ridwan Husen cukup dikenal.

Sebagai eks GAM, Ridwan Husen dikenal memiliki relasi yang luas di kalangan elit di Subulussalam. Selain itu, Ia juga pernah menjabat Sekretaris PDI-P Kota Subulussalam.

Setelah memastikan kebenaran informasi, Affan Alfian Bintang bertandang ke rumah tersebut. Ia juga memerintahkan Sekretaris Baitul Mal Kota Subulussalam Amrin Cibro yang ikut berkunjung merenovasi kediaman Ridwan Husen melalui program rehabilitasi rumah senilai Rp15 juta.

Tak sampai di situ, Wali Kota juga menyerahkan uang tunai sebesar Rp2 juta membantu menambah biaya perbaikan. Hal yang sama diikuti Camat Simpang Kiri Rahmayani dan Kadisdikbud Sairun, masing-masing menyerahkan uang sebesar Rp1 juta dan Rp2 juta.

"Miris rasanya melihat kondisi rumah Ridwan Husen. Saya sudah perintahkan Baitul Mal segera perbaiki,” ungkap Affan Alfian Bintang.

Respons orang nomor satu di Kota Subulussalam itu membuat Ridwan Husen bersama istri terharu bahagia. Ia mengucapkan terima kasih karena Wali Kota sudah berkenan melihat langsung kondisi rumahnya yang seringkali bocor saat hujan turun.

Ridwan Husen juga mendoakan agar Affan Alfian Bintang dimudahkan dalam menjalankan roda pemerintahan di Bumi Syekh Hamzah Fansuri. Dia juga mengaku baru kali ini mendapat program rehabilitasi rumah sejak Pemkot Subulussalam mekar dari Kabupaten Aceh Singkil.

“Semoga Allah memberikan kemudahan kepada pemerintah kita menjalankan roda pemerintahan,” kata Ridwan Husen dengan mata berkaca-kaca.
 

Pewarta: Fakhrul Razi Anwir

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021