Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati mengajak seluruh masyarakat Aceh agar dapat membudayakan gemar mengkonsumsi ikan.

“Ikan merupakan sumber protein hewani yang bagus untuk mendukung perbaikan gizi dalam penanganan kekerdilan (stunting) bagi anak di Aceh,” katanya di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau pasar Rumah Ikan Higienis yang merupakan pusat display produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Aceh di Lamdingin, Banda Aceh.

Ia menjelaskan dalam upaya mencegah stunting, masyarakat harus mengubah pola konsumsi yaitu dengan membudayakan gemar makan ikan, bukan hanya sekedar kenyang tapi perhatikan gizi dan proteinnya.

Menurut dia untuk mewujudkan program gemar makan ikan tersebut, butuh kerjasama lintas sektor serta seluruh pihak untuk menangani kasus stunting di Aceh. 

“Edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya mengkonsumsi ikan bagi pertumbuhan anak menjadi sangat penting dan tentu ini melibatkan instansi pemerintahan baik DKP, Dinas Sosial dan bahkan pihak sekolah pun harus ikut giat mengedukasi gemar makan ikan ini, mulai dari PAUD, TK, dan terpenting adalah SMA,” katanya.

Menurut dia program makan ikan tersebut harus diedukasi sedini mungkin pada anak-anak usia pelajar, selain mencerdaskan, tapi juga menjadi bekal bagi mereka sebelum melanjutkan ke jenjang pernikahan. 

Dyah berharap, melalui program gemar makan ikan, masyarakat khususnya orang tua dan anak-anak di Aceh semakin mengerti akan pentingnya mengkonsumsi ikan, sebab ikan kaya akan protein yang sangat baik dan dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. 

“Dengan makan ikan anak menjadi pintar. Melalui merekalah nantinya yang akan mengubah nasib keluarga dan bahkan bangsa melalui intelegensi yang mereka miliki,” kata Dyah.

 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021