Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Farid Nyak Umar menyarankan pemerintah kota setempat untuk memberikan ruang  pengembangan bakat dan kreativitas anak.

"Anak-anak Banda Aceh memang perlu diberikan ruang untuk mengembangkan bakat dan kreativitas mereka," kata Farid Nyak Umar, di Banda Aceh, Jumat.

Farid menyatakan bahwa ruang tumbuh kembang tersebut sangat diperlukan supaya anak-anak Banda Aceh bisa berprestasi hingga bisa tampil di ajang tingkat provinsi maupun nasional. 

“Karenanya kami berharap pemerintah memberikan ruang, memberikan pendampingan kepada anak-anak agar mereka terus maju, mengembangkan bakatnya,” ujarnya.

Farid meyakini masih banyak anak-anak yang perlu diajak dan dirangkul, sehingga mereka bisa tumbuh menjadi generasi yang hebat. 

Sejauh ini, kata Farid, Banda Aceh sudah mendapatkan anugerah kota layak anak dari pemerintah provinsi. Hal itu perlu disyukuri, dan yang terpenting adalah sikap memuliakan anak di mana pun berada serta dalam kondisi apapun.

“Harapannya ke depan anak-anak Banda Aceh menjadi anak yang cerdas, maju pikirannya dan juga menjadi aset kita bersama di masa yang akan datang,” kata politikus PKS itu. 

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AP2KB Banda Aceh Risda Zuraida mengatakan pihaknya terus mengedukasi orang tua, keluarga, lembaga pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh adat untuk sama-sama terlibat bagaimana mencegah angka kekerasan terhadap anak.

Namun, pihaknya mengharapkan dukungan penuh dari legislatif terkait pengembangan dan perlindungan terhadap anak di Banda Aceh. 

“Kami mengapresiasi karena dari segi regulasi sudah ada qanun (peraturan) kota layak anak. Kita harapkan dukungan untuk dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” kata Risda Zuraida.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021