Banda Aceh, 18/2 (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor perikanan pada tahun 2015 mencapai Rp2 miliar.

"Target pendapatan untuk sektor perikanan ini akan diperoleh melalui perikanan tangkap, jasa penggunaan aset dan sumber lain," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Abdya Muslim Hasan dihubungi di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan DKP Abdya pada tahun 2015 akan melakukan beberapa program prioritas untuk mewujudkan target tersebut seperti menuntaskan pembangunan tanggul pemecah ombak Pelabuhan Pendaratan Ikan Ujong Serangga, Susoh, dengan dana tersedia Rp7 miliar dari otonomi khusus dan pengerukan muara Tempat Pendaratan Ikan Lhok Pawoh, Manggeng.

"Kami juga akan meningkatkan armada tangkap dengan kapasitas lebih besar sehingga nelayan dapat menangkap ikan di wilayah yang lebih luas dan pendapatan nelayan meningkat," katanya.

Pihaknya juga akan membekali kapal nelayan dengan peralatan navigasi dan komunikasi nelayan seperti GPS (Global Positioning System) dalam mengoptimalkan potensi perikanan di kabupaten setempat.

"Kami yakin dengan berbagai program prioritas yan dilakukan untuk tahun 2015 akan mendongkrak pendapatan di sector kemaritiman dan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan terwujud," katanya.

Ia menambahkan pada capaian PAD untuk sektor perikanan pada tahun sebelumnya juga tumbuh signifikan yakni dengan realisasi mencapai 125 persen sehingga target PAD Rp2 miliar pada 2015 akan tercapai.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Imansyah


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015