Jakarta(ANTARA Aceh) - Lembaga penelitian Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyatakan mayoritas pimpinan DPD PAN di kabupaten/kota akan mendukung Hatta Rajasa dalam Kongres IV di Bali akhir pekan ini.

Menurut peneliti CSIS Arya Fernandes hal itu diketahui melalui hasil sensus terhadap Ketua DPD dan DPW PAN se-Indonesia.

"Dari total 484 Ketua DPD PAN kabupaten/kota menunjukkan dukungan sementara terhadap Hatta Rajasa masih diatas angin," kata peneliti CSIS Arya Fernandes dalam pemaparan hasil Sensus Nasional Partai Politik di Jakarta, Kamis.

Arya mengatakan 42,27 persen pimpinan DPD PAN Kabupaten/Kota memilih Hatta Rajasa, 38,64 pimpinan memilih Zulkifli Hasan dan sisanya memilih nama-nama lain.

Namun dia mengatakan hasil itu merupakan hasil sementara, karena pertarungan masih akan berlangsung dalam dua hari menjelang Kongres IV PAN diselenggarakan, dan peta kekuatan masih mungkin berubah.

"Masih tersisa dua hari tiga malam, kalau ada badai kuat bisa berubah," ujar Arya.

Sementara itu terkait dukungan Pimpinan PAN di Provinsi, menurut Arya peta kekuatannya seimbang antara Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan.

"Dari pimpinan PAN di 26 provinsi, masing-masing memperoleh dukungan dari 13 provinsi. Sedangkan beberapa provinsi sisanya menyatakan tidak tahu," kata dia.

Kongres IV PAN dijadwalkan berlangsung di Bali pada tanggal 28 Februari-3 Maret 2015. Agenda utama kongres adalah pemilihan Ketua Umum PAN periode selanjutnya.

Sejauh ini telah ada dua calon ketua umum antara lain calon petahana Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan. Keduanya akan bersaing memperebutkan total 596 suara kader PAN di seluruh Indonesia.

Pewarta: Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015