Dinas Pendidikan Provinsi Aceh Cabang Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat kini terus berupaya mendorong agar kelulusan guru kontrak di daerah ini pada tes penerimaan tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), lulus dengan sebanyak-banyaknya.

“Salah satu upaya yang kita lakukan yaitu memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada guru kontrak, sehingga diharapkan para guru yang sudah lama mengabdi ini bisa lulus pada seleksi CPNS P3K di Aceh Barat,” kata Dinas Pendidikan Provinsi Aceh Cabang Meulaboh Abdul Azis MSi, Sabtu.

Ada pun mata pelajaran yang dilakukan pelatihan pengenalan soal ujian tersebut meliputi pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Pendidikan Jasmani serta pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Sedangkan lokasi pelaksanaan tes ujian menggunakan sistem komputerisasi (CAT) tersebut, dilaksanakan di Aula Kantor Cabang Dinas Pendidikan Aceh di Meulaboh, Kompleks SMAN 3 Meulaboh serta di Kompleks SMKN 1 Meulaboh.

“Tujuan kita menggelar sosialisasi dan pelatihan ini, agar nantinya para guru kontrak peserta tes agar lebih memahami soal ujian yang akan diikuti nantinya. Sehingga angka kelulusan guru lokal di daerah diharapkan lebih banyak,” kata Abdul Azis menambahkan.

Ia juga mengatakan pelaksanaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Tahun 2021, sepenuhnya akan dilaksanakan menggunakan sistem komputer, sehingga kesiapan para guru kontrak harus disiapkan sejak dini.

Sehingga nantinya saat pelaksanaan ujian berlangsung, para guru peserta tes diharapkan agar lebih bisa memahami soal ujian yang diberikan saat ujian berlangsung.

“Dinas Pendidikan Aceh berharap agar semua tenaga guru kontrak di Aceh Barat, agar semuanya lulus menjadi pegawai P3K, sesuai dengan formasi yang telah diberikan pemerintah untuk Aceh,” kata Abdul Azis mengharapkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021