Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB Bogor Prof Rokhmin Dahuri menyatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya perlu meningkatkan daya saing berbagai produk unggulan.

"Peningkatan daya saing merupakan salah satu langkah yang perlu dilakukan dalam menghadapi era globalisasi," katanya di Aceh Jaya, Rabu.

Ia menjelaskan peningkatan daya saing itu seperti menyiapkan produk dengan kualitas terbaik dengan harga murah dan pasokan komoditas itu terjamin.

"Artinya, jika hal tersebut dilakukan maka berbagai komoditas unggulan yang dihasilkan di berbagai sektor akan mampu bersaing dengan prodok dari daerah dan negara lainnya," katanya.

Kemudian harus didukung dengan pertumbubuhan ekonomi minimal rata-rata di atas tujuh persen serta membangun ketanahan pangan, energi dan memelihara kualitas dan daya dukungan wilayah.

"Saya yakin dengan ketiga langkah yang akan dilakukan ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Rokhmin yang juga staf khusus Bupati Aceh Jaya Azhar Abdurrahman bidang ekonomi.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan di era Presiden Megawati itu juga memberikan berbagai pemikiran untuk kemajuan pembangunan dan ekonomi di Kabupaten Aceh Jaya.

Rokhmin yang hadir ke Aceh Jaya untuk menjadi narasumber dalam seminar sehari itu juga mengunjungi sejumlah daerah potensi ekonomi di kabupaten itu seperti Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Batee Tutong, Kecamatan Krueng Sabe, Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Rigaih, Kecamatan Setia Bakti dan Pulau Resam.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015