Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Kelancaran distribusi  berbagai kebutuhan pokok di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh sangat mempengaruhi harga kebutuhan pokok disejumlah pusat pasar. Karena sejumlah barang kebutuhan pokok di Kota Lhokseumawe. didatangkan dari luar daerah.

Kepala Dinas Perindustrian Perdangangan dan Koperasi Kota Lhokseumawe Halimuddin, mengatakan, bahwa hampir semua jenis kebutuhan pokok untuk Kota Lhokseumawe, didatangkan dari luar daerah. Sehingga sarana transportasi memegang peranan penting terhadap pemenuhan kebutuhan pasar.

Sebutnya, untuk kebutuhan pokok seperti beras, banyak berasal dari daerah sekitar Kota Lhokseumawe. seperti dari Aceh Utara, Bireun dan Aceh Timur serta beberapa daerah lain di sekitar Lhokseumawe.

Namun untuk jenis kebutuhan seperti, Minyak Goreng, Gula, Tepung Terigu, Telur dan sejumlah komoditi sayuran lainnya. Banyak didatangkan dari luar Aceh. Seperti dari Sumatera Utara. Apabila ada kendala terhadap transportasi sebagai sarana distribusi kebutuhan pokok tersebut, langsung berpengaruh terhadap harga kebutuhan pokok di Lhokseumawe.

Seperti diungkapkan oleh Halimuddin, karena lancarnya sarana transportasi, untuk harga berbagai kebutuhan pokok saat ini, di Kota Lhokseumawe, masih tetap stabil dan tidak mengalami kenaikan. Namun apabila terjadi kendala pada sarana transportasi, maka terhadap beberapa jenis kebutuhan pokok yang didatangkan dari luar daerah, harganya akan melonjak.

Untuk saat ini, harga beras jenis menengah umumnya dijual pedagang sebesar Rp 130 Ribu/ sak ukuran 15 Kg. Sedangkan untuk Gula yang dijual secara eceran sebesar  Rp 12 Ribu/ Kg. Minyak Goreng Rp 11 Ribu/ Kg. Sementara telur yang juga didatangkan dari luar daerah, satu papan (30 butri), saat sekarang di Lhokseumawe berkisar antara Rp 27 Ribu hingga Rp 30 Ribu.

Pewarta: Pewarta : Muchlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015