Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa, Provinsi Aceh menyatakan siap untuk berkontribusi dalam melahirkan bankir dan pebisnis Islam dari provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

"Aceh merupakan provinsi yang menerapkan syariat Islam sehingga butuh banyak bankir dan pebisnis yang siap meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis syariah di wilayah ini," kata Kepala  Biro AUAK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Ibnu Sadan di Langsa, Senin.

Ia menjelaskan dengan penerapan syariat Islam tersebut, maka juga diperlukan banyak lulusan dari perguruan tinggi yang menguasai sistem perekonomian dan bisnis Islam.

"Banyaknya lembaga keuangan syariah yang beroperasi di Aceh juga membuka peluang besar kepada alumni fakultas ekonomi dan bisnis Islam untuk bergabung di sektor tersebut," katanya.

Ibnu mengatakan dalam rangka menunjang kelancaran pendidikan dan lapangan kerja, IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa akan melakukan kerja sama dengan lembaga keuangan syariah yang ada di provinsi berpenduduk sekitar 4,5 juta jiwa itu.

"Kerja sama yang dibangun nanti bisa saja dalam bentuk magang dan praktek mahasiswa, juga bisa dalam rangka rekruitmen alumni terbaik untuk dipekerjakan di lembaga keuangan syariah," katanya.

Pihaknya meyakini dengan banyaknya alumni yang mampuni yang ilahirkan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa khususnya dapat mengisi berbagai posisi dan jabatan yang ada di berbgai lembaga keuangan.

"Kami juga berharap agar lembaga keuangan yang beroperasi di Aceh lebih mengutamakan tenaga kerja lokal," demikian Ibnu Sadan.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Imansyah


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015