Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara akan membangun gelanggang olahraga di kawasan Lhoksukon dalam rangka pembinaan olahraga prestasi di kabupaten itu.

"Rencananya lokasi pembangunan di kawasan eks areal pertapakan kantor pemerintahan Kabupaten Aceh Utara di Desa Trieng Kecamatan Lhoksukon," kata Sekretaris Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Aceh Utara Andria Zulfa di Lhokseumawe, Kamis

Andria Zulfa menyebutkan rencana pembangunan gelanggang olahraga tersebut menggunakan areal dengan luas mencapai 32 hektare dengan anggaran Rp136 miliar.

"Anggaran tersebut telah diusulkan ke pemerintah pusat melalui APBN 2022, sehingga diharapkan pembangunan pusat olahraga tersebut dapat dikerjakan mulai tahun depan," kata Andria Zulfa didampingi Kabid Olahraga Abdullah. 

Andria Zulfa menambahkan tujuan utama pembangunan gelanggang olahraga adalah untuk kebutuhan keolahragaan dalam pembinaan bibit atlet daerah yang unggul untuk jangka panjang.

Dengan kata lain, untuk pembinaan olahraga prestasi, sehingga dapat melahirkan prestasi atlet dari Aceh Utara dalam kejuaraan olahraga, baik di tingkat daerah, regional maupun nasional.

Di dalam areal gelanggang olahraga tersebut, kata Andria, nantinya dilengkapi berbagai sarana olahraga dan prasarana pendukung, meliputi gedung utama, stadion utama.

Kemudian, GOR bola basket, GOR renang, wisma atlet, GOR bola voli, GOR lapangan tenis, GOR bulu tangkis, GOR tinju, GOR senam, GOR bela diri, serta musala. Total kapasitas stadion utama mencapai 30 ribu orang.

“Kami harapkan agar program pembangunan dan pengembangan ini dapat segera terwujud dan semua pihak terkait kami mohon agar dapat mendukung secara komprehensif,” kata Andria.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf mengatakan para pegiat olahraga di Aceh Utara sangat antusias menyambut rencana pembangunan gelanggang olahraga di Lhoksukon tersebut. 

“Masyarakat siap mendukung penuh dalam tahap pembangunan gelanggang olahraga. Apalagi pada 2024 nanti akan ada pelaksanaan PON di Aceh. Kami berharap gelanggang olahraga ini bisa menjadi tempat berlangsungnya pertandingan cabang olahraga PON nanti,” kata Fauzi Yusuf yang juga Ketua KONI Aceh Utara.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021