Sebanyak 275 peserta dari 20 kabupaten/kota di Aceh andil bagian dalam Kejuaraan Petanque Piala Bupati Aceh Tengah dan Pra PORA se Aceh Tahun 2021 

“Penyelenggaraan cabang olahraga lempar bola besi ini merupakan langkah maju bagi pembinaan dan pengenalan Cabor Petanque khususnya di Aceh Tengah,” kata Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar di Takengon, Kamis.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut juga untuk melihat potensi, bakat, dan bibit dari cabang olahraga tersebut.

Menurut dia penyelenggaraan event tersebut juga menjadi penentu bagi kesiapan Pemerintah Daerah melalui Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Aceh Tengah guna mencari dan mempersiapkan atlet untuk mengikuti Pekan Olahraga Aceh (PORA) pada tahun mendatang.

Shabela juga menyambut positif terselenggaranya event tersebut di Aceh Tengah sebagai stimulus untuk lebih memperkenalkan Cabor Petanque di Kabupaten Aceh Tengah.

Ketua FOPI Aceh Abdurrahman menjelaskan bahwa Petanque pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2011 pada event Asian Games.

Sedangkan di Aceh kata dia baru diperkenalkan pada tahun 2015 dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Aceh.

"Perkembangan Cabor Petanque semakin baik, Aceh sukses menjadi juara umum pada ajang Pra-PON yang digelar di Jakarta lalu," kata Abdurrahman.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021