Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pidie meluncurkan inovasi GARANSI (melanggar tukar vaksinasi), dengan program ini para pelanggar lalulintas tidak ditilang melainkan pemberian vaksinasi secara gratis.

"Kami memberikan jaminan 'GARANSI' kesehatan bagi masyarakat Pidie. Kami ingin masyarakat memiliki herd immunity," kata Kasatlantas Polres Pidie AKP Sandy Titah Nugraha dalam keterangannya yang diterima di Banda Aceh, Kamis.

Sandy mengatakan, ratusan pengendara motor di Pidie terjaring razia operasi Patuh Seulawah 2021 yang dilaksanakan mulai 20 september hingga 3 Oktober 2021 mendatang. 

Dalam razia ini, para pengendara tidak hanya diperiksa surat-surat kendaraan, tetapi juga kelengkapan protokol kesehatan. 

Namun, kata Sandy, pelanggar lalulintas kali ini tidak ditilang seperti biasanya, melainkan mendapat penyuluhan COVID-19 dan manfaat vaksin, bagi mereka yang belum melaksanakan vaksin ditawarkan vaksinasi secara gratis.

"Dan sebanyak 278 orang bersedia mengantri vaksin, sedangkan bagi yang sudah melaksanakan vaksinasi, mereka dipersilahkan melanjutkan perjalanan," ujarnya.

Sandy menyampaikan, dalam kegiatan 'GARANSI' tersebut pihaknya juga membagikan masker terhadap pengendara yang masih belum tertib protokol kesehatan, terdapat sebanyak 437 masker dibagikan kepada warga yang melintas.

Sandy menuturkan, kegiatan ini merupakan program wajib yang diperintahkan Presiden Jokowi guna menggenjot vaksinasi di seluruh wilayah NKRI.

"Pidie masih berstatus PPKM Level 4, sehingga membutuhkan pendekatan dan tindakan anti maenstream dalam menggenjot vaksinasi bagi masyarakat, seperti program perdana inovasi kami 'GARANSI' ini," demikian kata Sandy. 

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021