Pemerintah Kabupaten Bener Meriah bekerjasama dengan Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh untuk mengembangkan wisata ecovillage dan penangkaran ternak madu di daerah setempat.

“Program pengembangan ternak madu yang diusung UTU Meulaboh sangat sejalan dengan program Pemkab Bener Meriah dalam pengembangan kampung wisata ecovillage yang saat ini sudah berjalan di Kampung Damaran Baru,” kata Sekda Bener Meriah, Haili Yoga di Redelong, Rabu.

Ia menjelaskan Kampung Damaran Baru terletak di Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah, adalah salah satu kampung wisata dengan kategori ekowisata yang ada di kabupaten itu.

“Kehadiran para dosen dari UTU untuk datang ke Bener Meriah khususnya Kampung Damaran Baru dalam rangka rencana program (Ternak madu) sudah sangat tepat,” katanya.

Perwakilan Dosen UTU Meulaboh, Afrizal Tjoetra mengatakan bahwa Kampung Damaran Baru dipilih berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Provinsi Aceh.

Menurut dia program tersebut memang terkait dengan pemberdayaan masyarakat desa khususnya di bidang wisata ecovillage dan ternak madu.

Kedatangan pihaknya kali ini ke Bener Meriah kata Afrizal adalah untuk melakukan survei awal pada lokasi tujuan yaitu di Kampung Damaran Baru sesuai dari DPMG Provinsi Aceh sebagai salah satu tempat yang pantas dan tepat untuk dikunjungi.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021