Bank Indonesia Provisi Aceh menyelenggarakan pelatihan kepada UMKM untuk meningkatkan literasi digital UMKM agar para pelaku usaha di daerah itu mampu bersaing dan bertahan secara berkesinambungan.

Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani di Banda Aceh, Rabu mengatakan kegiatan on boarding UMKM untuk pemanfaatan e-commerce agar  menjangkau calon konsumen yang lebih luas, dapat meningkatkan literasi digital agar mampu bersaing dan bertahan secara berkesinambungan.

Selanjutnya meningkatkan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya transaksi secara digital untuk pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan handal dan meningkatkan jumlah implementasi QRIS pada UMKM sebagai bentuk efisiensi pembayaran,

“Pemanfataan e-commerce menjadi suatu keniscayaan bagi para pelaku bisnis agar dapat memasarkan produknya secara luas,” katanya.

Perkembangan indeks daya saing digital Indonesia terus mengalami peningkatan, namun khusus untuk Aceh masih memiliki PR dalam rangka pengembangan ekosistim digital yakni Indeks daya saing digital Provinsi Aceh berada pada peringkat 27 dibandingkan dengan 34 provinsi di Indonesia.

Bank Indonesia terus terus berkomitmen dalam rangka mengakselerasi integrasi ekonomi dan keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran guna mendorong UMKM berdaya saing, antara lain dengan pemanfaatan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) sebagai sarana pembayaran, baik oleh pelaku UMKM maupun penyedia jasa pariwisata.

Kepala DUPK Bank Indonesia, Yunita Resmi Sari mengatakan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar pada digital market, karena Indonesia merupakan salah satu pengguna internet serta pengguna aktif social media terbesar di dunia.

“Peluang ini harus dioptimalkan dengan mendorong UMKM untuk naik kelas,” katanya.

Dalam mengoptimalkan UMKM di era digital, terdapat tiga aspek yang harus dipersiapkan antara lain adalah infrastruktur, SDM, serta peraturan.

Bank Indonesia sebagai otoritas sistem pembayaran telah menyiapkan berbagai instrumen yang diantaranya adalah QRIS guna mendorong digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia.

Bank Indonesia terus menyelenggarakan berbagai pelatihan (Onboarding) sebagai bagian dari peningkatan kapasitas SDM sehingga UMKM di Indonesia siap untuk masuk ke era digital.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang sangat strategis sehingga UMKM Aceh dapat semakin terbuka akses pemasarannya ke nasional dan bahkan ke pasar global,” katanya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan onboarding tersebut dapat meningkatkan indeks daya saing digital Provinsi Aceh serta meningkatkan kesiapan UMKM menuju era baru UMKM di Indonesia.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021