Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kota Lhokseumawe menggelar pemilihan duta wisata 2015 dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di daerah itu.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe Usfah Herlinda di Lhokseumawe, Rabu menyebutkan, duta wisata nantinya membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan berbagai objek wisata.

Objek wisata di Kota Lhokseumawe antara lain wisata alam, kuliner dan juga objek situs sejarah yang tersebar di berbagai lokasi.

Ia menyebutkan, jumlah peserta yang telah mendaftar untuk pemilihan duta wisata Kota Lhokseumawe 2015 sebanyak 49 orang.

"Saat ini mereka yang sudah lulus persyaratannya antara lain, usia 18 hingga 25 tahun, ber-KTP Lhokseumawe, belum menikah dan beragama Islam. Saat ini mereka sedang mengikuti rangkaian berbagai tes untuk bisa terpilih menjadi Duta Wisata Kota Lhokseumawe 2015," ucap Usfah.

Di antara tes yang dilakukan kepada calon duta wisata tersebut antara lain, uji baca Alquran, pengetahuan tentang budaya keacehan, sikap dan tata krama serta kemampuan berbahasa asing.

Namun yang paling diutamakan dalam uji tersebut adalah mampu membaca Alquran dengan baik, ungkap Usfah.

Ia mengatakan, grand final untuk audisi duta wisata tersebut akan dilakukan pada tanggal 25 April mendatang, yang bertempat di Hotel Harun Square Lhokseumawe.

"Kepada yang terpilih menjadi duta wisata baik pria maupun wanita akan diberikan trophy, bingkisan, sertifikat dan uang tunai. Selain ada juara pertama, juga ada juara II dan III serta juara harapan," ungkap Usfah.

Pewarta: Pewarta : Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015