Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI asal Aceh Ghazali Abbas Adan mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Banda Aceh karena mampu meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian tujuh kali berturut-turut.

"Tidak semua pemerintah daerah mampu meraih opini WTP. Apalagi tujuh kali berturut-turut. Karena itu, kami mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Banda Aceh," kata Ghazali Abbas Adan di Banda Aceh, Jumat.

Opini WTP merupakan opini tertinggi diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Opini itu diberikan atas hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Banda Aceh, kembali meraih opini WTP dari BPK RI untuk ke tujuh kali berturut-turut. Opini tersebut diserahkan BPK RI Perwakilan Aceh kepada Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal, Rabu (22/4).

Menurut Ghazali, opini WTP ke tujuh kali berturut-turut tersebut merupakan prestasi luar biasa. Tidak semua pemerintah daerah di Indonesia ini mampu meraihnya.

Bahkan, kata dia, pemerintah provinsi di Aceh sendiri belum pernah meraih opini tertinggi dari BPK RI. Di Aceh, hanya Pemerintah Kota Banda Aceh satu-satunya pemerintah daerah yang meraih opini WTP tujuh kali berturut-turut.

"Pemerintah Aceh saja belum pernah dapat WTP. Bertahun-tahun hanya meraih opini WDP. Karena itu, saya mengharapkan Pemerintah Aceh meningkatkan profesionalitas dalam mengelola keuangan dan menyampaikan laporan keuangan sesuai standar," kata dia.

Selain itu, Ghazali Abbas Adan juga menyarankan pemerintah daerah di Aceh perlu meniru model kerja Pemerintah Kota Banda Aceh yang mampu meraih opini WTP setiap tahunnya.

"Bagi pemerintah daerah yang belum pernah meraih opini WTP, saya menyarankan bisa belajar dari Pemerintah Kota Banda Aceh. Bagi daerah yang meraih opini WTP, juga perlu belajar mempertahankannya," kata Ghazali Abbas Adan.

Pewarta: Pewarta : M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015