Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyatakan agar bupati/wali kota di seluruh provinsi itu memperhatikan persebaran guru di setiap wilayah sehingga guru merata di setiap daerah.

"Artinya, jangan sampai guru terpusat di wilayah perkotaan saja sementara di pedalaman dan terpencil guru tidak memadai," kata Zaini usai upacara peringatan hari pendidikan nasional di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu.

Menurut dia persebaran guru yang merata di setiap daerah juga merupakan kunci untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik di masa mendatang.

Ia juga meminta agar Kepala Dinas Pendidikan Aceh dan Kakanwil Kementerian Agama Aceh untuk meningkatkan kapasitas guru dengan berbagai pelatihan yang menunjang tugas guru.

"Peningkatan kapastitas guru ini guna mengurangi kesenjangan mutu pendidikan yang masih ditemukan di daerah pedalaman dan terpencil dalam wilayah Aceh," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Aceh Hasanuddin Darjo menambahkan persebaran guru di setiap daerah merupakan tanggungjawab Pemerintah Kabupaten/kota.

"Jika distribusi guru tidak merata di setiap kabupaten/kota maka sulit untuk meningkatkan kualitas pendidikan di mas mendatang," katanya.

Karena itu, Pemerintah Aceh terus berupaya melakukan pemetaaan terhadap distribusi guru di seluruh daerah dapat merata sehingga upaya meningkatkan mutu pendidikan dapat di capai di masa mendatang.

"Kami yakin dengan distribus gurui yang merata di setiap daerah yang dilakukan pemerintah kabupaten/kota maka upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan akan tercapai," kata Hasanuddin Darjo.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015