Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berjanji akan membantu pembangunan kembali Masjid Al-Istiqamah di Desa Pasi Jambu, Kecamatan Kaway XVI, yang musnah terbakar pada Jumat lalu.

“Pemerintah daerah akan mengupayakan pembangunan kembali masjid yang sudah terbakar ini, dengan cara membantu penyediaan bahan bangunan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat DR Mukhtaruddin di Meulaboh, Sabtu.

Ia mengatakan BPBD Aceh Barat saat ini sedang mengumpulkan data sebagai bahan administrasi untuk membantu pembangunan kembali masjid tersebut, sehingga diharapkan masyarakat dapat kembali beribadah seperti semula.

Meski tidak memberi bantuan dalam bentu uang tunai, pemerintah daerah berharap bantuan yang akan disalurkan nantinya diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Bantuan pembangunan kembali Masjid Al-Istiqamah di Desa Pasi Jambu, Kecamatan Kaway XVI, sesuai arahan dari Bupati Aceh Barat Ramli MS untuk membantu masyarakat,” kata Mukhtaruddin.

Ia juga menjelaskan BPBD Aceh Barat juga masih terus menghitung total kerugian yang ditimbulkan dari musibah tersebut, dengan harapan pembangunan kembali rumah ibadah tersebut bisa segera dilakukan.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan komunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), guna mengusulkan bantuan terhadap dampak bencana yang selama ini terjadi di Aceh Barat, demikian Mukhtaruddin.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021