Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyatakan akan menggelar pemilihan kepala desa/keuchik (Pilkades) serentak pada Februari 2022.

“Pemilihan Keuchik (kades) definitif serentak kita wacanakan awal tahun depan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan karena masih pandemi COVID-19,” kata Bupati Abdya, Akmal Ibrahim di Blangpidie, Selasa

Bupati Akmal menjelaskan pelaksanaan Pilkades serentak direncanakan akan berlangsung di sembilan Kecamatan pada Februari 2022.

“Pelaksanaan ini  berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan edaran dari Gubernur Aceh,” katanya.

Ia mengatakan masing-masing Gampong (desa) di Kabupaten Abdya agar mengalokasikan dana Pilkades itu supaya pilkades serentak pada awal tahun 2022 dapat dilaksanakan seluruh desa di sembilan Kecamatan,” kata  Akmal Ibrahim

 Berdasarkan data Gampong di Abdya berjumlah 152, mulai dari Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan, Setia, Blangpidie, Susoh, Jeumpa, Kuala Batee dan Kecamatan Babahrot.

Adapun semua Gampong di daerah itu saat ini dipimpin oleh pejabat sementara (pjs) yang diusulkan Gampong lalu ditunjuk oleh bupati karena masa jabatan Keuchik definitif sebelumnya rata-rata berakhir awal 2020.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021