Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh meluncurkan buku Resam Berume sebagai bahan ajar muatan lokal untuk anak-anak tingkat SD/MI.

“Buku ini berisikan muatan lokal mengenai tradisi turun ke sawah masyarakat Gayo itu yang diterbitkan Majelis Adat Gayo (MAG),” kata Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar di Takengon, Selasa.

Ia dalam pidato tertulis dibacakan Sekretaris Daerah Aceh Tengah Subhandhy menjelaskan buku itu merupakan buku Resam Berume ketiga yang telah diterbitkan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui MAG .

Ia mengatakan dengan hadirnya buku tersebut akan mampu memberikan informasi lengkap kepada masyarakat, terutama anak didik, tentang bagaimana tradisi turun ke sawah yang dilakukan masyarakat Gayo secara turun-temurun.

“Kita berharap kehadiran buku ini dapat menjadi rujukan kita bersama sehingga mampu menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur tradisi dan budaya Gayo,” katanya.

Bupati Shabela Abubakar juga menekankan dengan telah diterbitkan buku tersebut kapasitas pendidikan dan pengajaran muatan lokal pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiah di Kabupaten Aceh Tengah akan semakin terlengkapi bahan ajarnya, sehingga upaya untuk menghidupkan nilai-nilai filosofis yang terkandung dalam resam atau tradisi dimaksud dapat dihayati para anak didik.

Menurut dia, apa yang terkandung dalam Resam Berume dapat meresap ke dalam diri anak didik seperti nilai kerja sama, nilai agama, nilai istiadat, hukum, persatuan dan kesatuan, serta kelestarian lingkungan.

Selain peluncuran buku yang terdiri atas lima jilid tersebut, dalam kesempatan itu dilakukan orientasi silabus dan bahan ajar muatan lokal Mata Pelajaran Resam Berume dengan menghadirkan 24 guru dan 24 orang dari komite sekolah SD/ MI di Kabupaten Aceh Tengah.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021