Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Masyarakat Tanoh Depet, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah, sepakat untuk membangun masjid dengan pendanaan berasal dari hasil penjualan sere wangi yang dikembangkan di daerah itu.

"Kami optimistis masjid yang sudah dimulai pembangunannya sejak 2007 tersebut akan akan  lebih cepat pembangunannya seiring adanya pendanaan  dari tanaman sere wangi," kata warga setempat Sahbuddin di Aceh Tengah, Sabtu.

Ia menyebutkan untuk pembangunan masjid tersebut warga setempat telah menyiapkan lahan seluas enam hektare sere wangi yang akan dijadikan sebagai sumber pendanaan pembangunan masjid.

Adapun enam hektare lahan sere wangi itu tersebar tiga kampung  yaitu Tanoh Depet Induk, Depet Indah dan Depet Permata.

"Alhamdulillah dari hasil panen sere wangi yang terkumpul dari warga telah mampu membeli genteng mesjid dan sejumlah bahan bangunan lain," katanya.

Ia menambahkan perawatan enam hektare lahan tersebut dilakukan secara bergotong royong oleh masyarakat ditiga gampong tersebut.

Bupati Aceh Tengah, H Nasaruddin dalam kunjungan kerja ke Tanoh Depet memberikan apresiasi terhadap kebersamaan yang dibangun warga setempat.

"Kami sangat mendukung terhadap kebersamaan dan inisiatif dari warga untuk bersama-sama membangun rumah ibadah," katanya.

Ia menyebutkan potensi tanaman sere wangi di Tanoh Depet mencapai 296 hektar yang tersebar di 3 kampung, terdiri dari 152 hektar di kampung Tanoh Depet Induk, 74 hektare Kampung Depet Indah dan 90 hektare Kampung Depet Permata.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015