Mogadishu (ANTARA Aceh) - Seorang pemimpin senior Ash-Shabaab tewas pada Jumat malam (12/6), dalam operasi rahasia oleh militer Somalia, di bagian selatan negeri itu, kata beberapa pejabat, Sabtu.

Aden Abdi Mohamed, Wakil Wali Kota Hindur di Wilayah Bakool, mengatakan kepada Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad pagi-- pemimpin Ash-Shabaab Qasim Sheikh tewas setelah prajurit militer menyudutkan dia.

"Pasukan kami melancarkan satu operasi setelah menerima informasi intelijen bahwa Sheikh bersembunyi di Desa Abal, 18 kilometer di luar Hudur. Tak ada perlawanan dan Qasim tewas di tempat," kata Mohamed.

Mohamed mengatakan Qasim Sheikh pernah menjadi pejabat pemerintah di wilayah tersebut sebelum bergabung dengan kelompok yang memiliki hubungan dengan Al-Qaida, dan memimpin operasi buat Ash-Shabaab.

Kematian Qasim dipandang sebagai pukulan lebih lanjut terhadap kelompok fanatik itu, yang telah kehilangan sejumlah pemimpin penting dalam serangan Pemerintah Somalia dan serangan udara AS.

Pemimpin kelompok tersebut Ahmed Abdi Godane tewas pada September tahun lalu dalam serangan udara AS.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015