Asosiasi Pelaku Pariwisata Seluruh Indonesia (ASPPI) Aceh Besar menjajaki pelaksanaan kejuaraan selancar untuk mendukung promosi pariwisata di kabupaten tersebut.

Ketua ASPPI Aceh Besar Afri Rizki yang dihubungi dari Banda Aceh, Senin, mengatakan kabupaten paling ujung Pulau Sumatra tersebut memiliki potensi wisata bahari, terutama selancar.

"Dengan kejuaraan selancar ini bisa mempromosikan pariwisata bahari Aceh dengan harapan menjadi daya tarik wisata, baik nusantara maupun mancanegara berkunjung ke Aceh Besar. Rencananya, kejuaraan ini digelar tahun depan," kata Afri Rizki.

Afri Rizki mengatakan ada beberapa tempat yang dijadikan lokasi kejuaraan selancar karena memiliki ombak yang besar. Di antaranya pantai di Lhoknga. Selain itu juga di Pulau Nasi yang dinilai memiliki ombak pantai yang bisa memenuhi persyaratan.

Afri Rizki saat dihubungi mengaku berada di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, mengatakan beberapa peselancar papan atas dan pernah meraih kejuaraan nasional maupun internasional tertarik mengikuti kejuaraan tersebut.

"Ada beberapa yang berminat ikut kejuaraan selancar di Aceh Besar. Dan ini kesempatan mempromosikan pariwisata Aceh Besar dan Aceh pada umumnya," kata Afri Rizki menyebutkan.

Afri Rizki mengatakan kejuaraan selancar tersebut akan menjadi program kerja ASPPI Aceh Besar pada 2022. Selain selancar, pihaknya juga akan mencari peluang mengembangkan dan memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Aceh Besar.

"Aceh Besar memiliki potensi pariwisata bahari luar biasa. Banyak masyarakat bermata pencaharian di sektor pariwisata. Dengan promosi yang gencar, maka tentu akan menjadi daya tarik wisatawan datang ke Aceh Besar," kata Afri Rizki.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021