Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh Prof Farid Wajdi Ibrahim menyatakan jumlah peserta ujian melalui jalur Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) pada 23 - 24 Juni 2015 naik dibanding tahun sebelumnya.

"Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnyan jumlah peserta tahun 2015 bertambah 1.000 orang dari peserta 2014," katanya di sela-sela meninjau pelaksanaan ujian (UM-PTKIN) di Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Ia menyebutkan jumlah peserta UM-PTKIN 2015 sebanyak 6.400 orang sedangkan tahun sebelumnya sekitar 5.000 peserta.

"Tes yang berlangsung hari ini bersifat nasional, dimana peserta selain dapat memilih kampus UIN Ar-Raniry juga dapat memilih seluruh Indonesia," katanya.

Ia mengatakan melalui jalur tersebut pihaknya akan menerima sebanyak 40 persen dari total mahasiswa yang akan diterima di perguruan tinggi tersebut.

Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan seleksi melalui jalur seleksi prestasi akademik nasional (SPAN) dengan jumlah peserta yang mengambil UIN Ar-Raniry 9.000 orang dan yang diterima hanya 2.000 orang atau 40 persen dari total yang diterima UIN tahun ini.

Farid Wajdi menambahkan program studi yang favorit tahun 2015 masih seperti tahun sebelumnya seperti Prodi ekonomi, perbankan islam, bahasa Inggris dan prodi arsitektur pada fakultas baru.

"Prodi-prodi pada fakultas lama peminatnya juga tidak berkurang," demikian Farid.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015