Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian Kota Sabang Ridwan mengatakan Kelompok Informasi Gampong  (KIG) berperan sebagai wadah penyampai informasi dari pemerintah kepada masyarakat maupun sebaliknya.

"Sebagai lembaga masyarakat yang bergerak di bidang pengelolaan informasi, KIG memiliki arti yang penting sebagai mitra pemerintah," kata Ridwan saat mengukuhkan Ketua KIG se Kota Sabang di Aula Diskominfo Sabang, Selasa (30/11).

Ia diharapkan kepada masing-masing gampong perlu memetakan potensi kelompok masyarakat serta melakukan inventarisir setiap potensi yang ada gampong.

"KIG merupakan kelompok yang secara mandiri dan kreatif melakukan pemberdayaan masyarakat terhadap akses informasi dan komunikasi," katanya.

Ia menyebutkan KIG dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat, yang secara mandiri dan kreatif melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat.

KIG juga memiliki peran mewujudkan masyarakat yang aktif, meningkatkan jaringan informasi, media komunikasi dua arah, serta menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lain.

"Selain itu juga berperan sebagai wahana penyampaian  informasi  dan sebagai  mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik,” katanya.

Berkaitan dengan itu tentunya peran KIG se Kota Sabang ke depannya diharapkan semakin berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan.
 

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021