Blangpidie (ANTARA Aceh)-Sedikitnya 6 rumah warga di dua Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), provinsi Aceh rusak berat akibat diterjang angin kencang pada Senin (6/7).

Sebagaimana data yang dihimpun pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Abdya, menyebutkan, peristiwa angin kencang yang berlangsung sekitar 30 menit pada senin sore, saat masyarakat sedang menyiapkan makanan untuk berbuka puasa.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun, 6 rumah warga yang berada di kecamatan Susoh dan Kecamatan Manggeng rusak berat akibat diterjang angin kencang yang disertai hujan deras pada pukul 17,30 Wib tersebut.

ke 6 rumah warga yang atapnya diterjang angin kencang itu masing-masing rumah milik Darwis dan Misdariati di Desa Rumah Panjang dan rumah Sabidah, rumah Zulfikar dan Rumah Asmizal di Desa Padang Baru masing-masing berada di Kecamatan Susoh.

Sedangkan satu unit lagi adalah rumah bantuan Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi (BRR) tahun 2016 lalu yang diduduki oleh keluarga Ibnu Ali, nelayan miskin warga Dusun Tengeri, Desa Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng.

“kejadiannya sekitar pukul 17, 30 Wib, saat itu keluarga bersama anak-anak sedang menyiapkan makanan untuk berbuka puasa, jadi, tiba-tiba terdengar suara gemuruh hujan yang disertai angin cukup kencang dan mengakibatkan atap rumah saya terbang,”kata Ibnu Ali

Rumah Ibnu Ali terletak dipesisir pantai Lhok Pawoh yang menjadi salah korban terjangan angin kencang. hampir seluruh atap rumah yang terbuat dari seng genteng dan rangka kayu ikut terbang ke atas atap rumah warga sekitar dan menyebabkan rumahnya rusak parah.

“waktu kejadian, atap rumah Ibnu Ali ini terbang dan bertindih ke atas atap rumah warga yang berada disamping itu, Jadi, masyarakat melakukan gotong royong untuk membantu ibnu Ali,”kata Syarifuddin Kepala Dusun setempat.

Syarifuddin menambahkan, Rumah yang diterpa angin kencang tersebut merupakan rumah bantuan BRR tahun 2016 lalu. Berhubung Ibnu Ali belum memiliki rumah pribadi sehinga Ia mengontrakkan rumah bantuan tersebut pada pemiliknya untuk tempat tinggal anak dan istrinya.

Wakil Bupati Abdya Erwanto menyempatkan diri meninjau lokasi bencana yang menimpa keluarga nelayan miskin tersebut sekaligus menyerahkan bantuan berupa seng untuk mengantikan atap yang telah rusak beserta bantuan darurat lainnya.

Amatan dilokasi bencana, selain Erwanto hadir juga Asisten III Setdakab Abdya, Amrizal, kadis Sosial Yafrizal, Camat Manggeng Yarlis dan termasuk Zal Supran Kabag Humas setdakab setempat.

Zal Supran mengatakan, semua rumah yang rusak akibat bencana angin kencang di Kabupaten Abdya telah ditinjau oleh wabup Erwanto sekaligus menyerahkan bantuan tanggap darurat.

“bantuan yang diserahkan langsung oleh pak wabup tersebut, berupa seng penganti atap rumah yang telah rusak dan sembako lainnya seperti minyak goreng, indomie, air mineral, dan lauk pauk lainnya,” kata Zal Supran.

Pewarta: Pewarta : Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015