Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 3.304 lulusan SMA/sederajat di Provinsi Aceh mengikuti ujian tulis melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Senin.

"Ini merupakan penerimaan  jalur ketiga untuk seleksi calon mahasiswa baru di UIN Ar-Raniry," kata Rektor UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Prof H Farid Wajdi Ibrahim di sela-sela memantau proses ujian PMB di Darussalam, Banda Aceh.

Ia menjelaskan melalui jalur tersebut, pihaknya akan merima sebanyak 20 persen atau sekitar 1.000 orang dari total penerimaan di perguruan tinggi agama Islam negeri itu sebanyak 5.000 calon mahasiswa baru.

"Kami telah melakukan penerimaan melalui jalur SPAN PTKIN 40 persen dan UM PTKIN 40 persen dan jalur yang saat ini merupakan jalur mandiri," katanya.

Ia menjelaskan, mahasiswa yang dinyatakan lulus nantinya akan bergabung dengan mahasiswa yang telah masuk dari dua jalur sebelumnya dan iaya kuliah yang akan dibayar calon mahsiswa baru tersebut sesuai dengan UKT yang telah ditetapkan.

Farid mengatakan jurusan favorit di perguruan tinggi tersebut masih ditempati prodi Perbankan Syariah, prodi Ekonomi Syariah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Teknik Informatika dan Psikologi.

"Prodi yang menadi favorit ini akreditasinya A dan untuk Fakultas baru peminatnya juga merata," katanya.

Sementara itu Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr Muhibbutthabry menyebutkan total pendaftar itu terdiri dari 1.507 laki-laki dan 1.797 perempuan.

"Pelaksanaan tes dilakukan selama satu hari dengan materi uji antara lain tes pengetahuan bahasa, pengetahuan agama Islam, bidang studi IPS dan bidang studi IPA," kata Muhib.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015