Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menyerahkan 43 ekor bibit ternak kerbau kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani yang tersebar di sejumlah kecamatan di kabupaten itu.

“Penyerahan bantuan ternak kerbau ini sebagai upaya meningkatkan populasi ternak di Aceh Barat,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat Danil Adrial, Senin.

Ada pun lokasi penyerahan secara simbolis bantuan tersebut dipusatkan di Desa Sakuy, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat. Ternak kerbau tersebut diserahkan Bupati H Ramli MS.

Danil Adrial menjelaskan bantuan yang diserahkan tersebut merupakan bibit kerbau betina sebanyak 43 ekor yang diperuntukkan bagi peternak di delapan kecamatan di Aceh Barat. Serta 17 ekor bibit ternak di Kecamatan Sungai Mas.

Ada pun kelompok tani yang menerima bantuan di Kecamatan Sungai Mas, kata dia, meliputi Desa Kajeung sebanyak enam ekor, Desa Tuwi Saya enam ekor, dan Desa Sakuy sebanyak lima ekor. 

Danil Adrial menjelaskan program penyaluran bantuan bibit ternak kerbau tersebut, merupakan serius Bupati H Ramli MS untuk menjadikan Kabupaten Aceh Barat sebagai sentra peternakan di kawasan barat selatan Aceh.

Bupati Aceh Barat H Ramli MS mengatakan bantuan ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk menumbuhkan motivasi masyarakat dalam menggarap lahan-lahan pertanian serta peternakan yang ada di daerahnya.

"Bantuan ini adalah bentuk rasa sayang pemerintah kepada rakyat. Oleh sebab itu, pergunakanlah bantuan ternak ini dengan sebaik mungkin,” kata Ramli MS.

Dengan adanya bantuan tersebut, ia berharap semangat bertani dan beternak masyarakat di Aceh Barat dapat terus meningkat, sehingga bisa menjadi mata pencaharian utama bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Ramli MS juga meminta kepada masyarakat penerima bantuan, agar mampu memanfaatkan bantuan bibit ternak kerbau untuk menambah populasi ternak di masyarakat.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022