Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan mendukung terhadap rencana pengurus PWI Aceh yang akan mengajukan diri sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan Hari Pers Nasional tahun 2023.

“Saya sangat terobsesi penyelenggaraan HPN digelar di Aceh. Banyak efek positif dari penyelenggaraan sebuah kegiatan besar,” kata Nova Iriansyah di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya menerima kunjungan silaturrahmi, Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin dan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Aceh.

Ia menjelaskan banyak kegiatan maka akan banyak kunjungan orang ke daerah dan tentu akan sangat baik bagi upaya membangkitkan perekonomian daerah, terutama sektor UMKM.

“Kehadiran wartawan dari seluruh Indonesia akan menjadi sarana promosi terhadap kondisi Aceh, keramahtamahan masyarakatnya serta kuliner dan souvenir hasil kerajinan masyarakat,” katanya.

Menurut dia HPN juga biasanya dihadiri oleh wartawan asing dan mereka tentu akan mengangkat berbagai berita terkait Aceh, mulai dari suasananya, kuliner, bahkan berbagai souvenir khas Aceh tentu akan diulas dalam tulisan-tulisan mereka. 

“Jadi akan ada efek besar jika HPN digelar di Aceh.Geliat ekonominya sangat baik, oleh karena itu, penting juga PWI mensosialisasikan kepada masyarakat, agar tidak memandang event sebagai sebuah kegiatan hura-hura yang tidak bermanfaat untuk rakyat, karena justru rakyatlah yang mendapat imbas langsung,” katanya.

Selain menikmati suasana, wisatawan datang ke Aceh tentu ingin menikmati kuliner, kopi dan berbelanja sejumlah souvenir. 

“Jadi, semakin banyak even, maka akan semakin baik bagi upaya kita mempromosikan kondusifitas Aceh serta mendongkrak kembali sektor UMKM yang tertekan selama pandemi,” kata Nova.

Untuk itu, Gubernur mengajak Ketua PWI untuk segera berkoordinasi dengan SKPA terkait, agar bentuk dukungan Pemerintah Aceh bisa segera disampaikan ke pusat.

“Administrasi terkait surat dukungan tentu harus dan akan segera kita sampaikan. Namun saya teringat kisah sukses pengajuan pelaksanaan Muktamar Ikatan Dokter Indonesia dan bidin PON. Saat itu segala hal kita lakukan, termasuk membuat vlog dukungan. Alhamdulillah, kedua even besar tersebut telah ditetapkan dilaksanakan di Aceh. 

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan menerapkan standar protokol kesehatan itu, Gubernur turut didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Aceh Marwan Nusuf, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh Muhammad Iswanto, Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA. 

Nasir Nurdin turut didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi Zainal Arifin, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Asnawi Kumar, Wakil Ketua Bidang Advokasi Azhari diwakili Barlian Erliadi, Wakil Ketua Bidang Kesra Muhammad Saman, Wakil Ketua Bidang Kerja Sama T Haris Fadhillah, Wakil Ketua Bidang Media Siber-Multimedia Safriadi Syahbuddin, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Imran Thaib dan Anggota Seksi Keagamaan Afrizal.

Pengurus harian lainnya yang ikut audiensi adalah Wakil Sekretaris I Azwani Awi dan  Wakil Bendahara Dian Fatayati.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022