Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur membuktikan bahwa pendidikan di daerah pedalaman, baik pendidikan usia dini, sekolah dasar dan sekolah menengah pertama menjadi prioritas.

“Kami komit dan fokus mendukung pendidikan di daerah pedalaman, seperti Peunarun, Serbajadi, dan Simpang Jernih,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kebudayaan Aceh Timur Muslim Z di Aceh Timur, Jumat.

Hal tersebut disampaikan Muslim ketika meresmikan SMP Plus Yayasan Pesantren Darussalam, di Desa Bukit Tiga, Peunaron, Aceh Timur.

Muslim mengatakan pihaknya mengharapkan dukungan masyarakat pedalaman, sehingga proses pembelajaran berjalan sesuai kurikulum nasional. 

“Pemerintah akan mendukung fasilitas dan sarana sekolah. Seperti SMP Plus Yayasan Pesantren Darussalam yang menyatu dengan pesantren. Keterpaduan ini tentu akan membawa SMP ini lebih cepat maju dan berkembang,” kata Muslim.

Ketua Yayasan Pesantren Darussalam Suryani mengatakan proses belajar pembelajaran di SMP Plus Darussalam telah berjalan satu semester. 

“Siapa pun bisa bersekolah di sekolah ini. Namun syaratnya wajib menetap atau mondok dan mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan,” kata Suryani.

Dirinya juga mengapresiasi semua tokoh masyarakat dan pemuka agama yang terlibat dalam pembangunan sekolah tersebut, termasuk keterlibatan unsur muspika. 

“Mencerdaskan anak bangsa dan meningkatkan kualitas pendidikan merupakan sasaran kita ke depan. Oleh karenanya ayo kita bangun ponpes ini ke arah yang lebih maju lagi,” kata dia. 
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022